Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

Tips Foto Katalog untuk Kamu dan Aplikasi Pilihannya

I

Bisnismu dikenal banyak orang di media sosial lewat foto. Maka aspek foto jadi hal yang harus kamu perhatikan. Meski terlihat sepele, foto katalog yang menarik membuat orang lebih memerhatikan produk kamu di media sosial.

Tak hanya itu, foto katalog biasanya jadi hal pertama yang dilihat orang saat ingin membeli produk. Bagaimana membuat foto katalog yang menarik? Yuk baca tulisan di bawah ini!

Apa itu Foto Katalog?

Foto katalog adalah jenis fotografi yang bertujuan memamerkan produk yang kamu jual pada audiens. Bagi banyak bisnis, foto katalog menjadi media utama dalam memasarkan produknya.

Hal penting dari foto katalog adalah kamu harus bisa menampilkan produk dan keunggulannya secara visual. Dengan foto katalog, calon konsumen akan lebih mudah melihat seperti apa produk kamu dan membantu mereka memutuskan apakah membelinya atau tidak.

Salah satu industri bisnis yang menitik beratkan foto katalog adalah industri fashion. Meski begitu, karena media sosial kini banyak digunakan orang, maka kini foto katalog jadi hal penting bagi semua industri bisnis.

Baca Juga: 5 Contoh Promosi di Media Sosial yang Efektif untuk Bisnis

Tips Membuat Foto Katalog yang Menarik

Foto katalog bisa diaplikasikan ke dalam berbagai jenis bisnis. Mulai dari makanan, pakaian, hingga bahan pokok sehari-hari. Sangat dianjurkan untuk dipakai dalam bisnismu.

Making a product catalog is an effective way to expand your customer base and to expose your customers to all of the amazing products that your company offers.

WikiHow

Beberapa tips di bawah ini bisa membantumu membuat foto katalog yang menarik. Cocok untuk apapun produk yang ada pada bisnismu.

1. Lighting untuk Foto Katalog

Lighting atau pencahayaan merupakan aspek penting dalam foto katalog. Jika lighting yang kamu gunakan jelek, maka kemungkinan besar produk kamu akan terlihat jelek.

Pemilihan lighting yang tepat akan tergantung dari produk yang akan kamu foto nantinya. Misal, jika produk kamu adalah makanan organik, maka pencahayaan natural yang tidak berlebihan bisa sangat membantu. Cobalah mengambil foto di ruangan luar pada hari yang mendung.

Di sisi lain, jika produk kamu adalah pakaian pantai, maka hari yang cerah akan lebih baik dalam menciptakan pemandangan yang tepat bagi foto,  Selain itu, pastikan pencahayaan yang kamu gunakan tidak menampilkan bayangan pada setiap foto produkmu.

2. Background untuk Foto Katalog

Agar foto terfokus pada produk kamu, maka pilihlah background foto yang putih dan jernih. Jangan menggunakan latar belakang yang ramai, karena hal ini akan membuat perhatian orang yang melihat teralihkan.

Inspirasi-Background-untuk-foto-katalog anda

Meski begitu, jangan terpaku pada background yang putih dan berwarna jernih. Kamu bisa menggunakan latar belakang yang ramai namun tetap mendukung dan selaras dengan tema dari produk kamu.

Selain itu, perhatikan juga produk dan fitur-fitur pada produknya agar sangat menonjol dalam foto kamu.

3. Perlengkapan Kamera untuk Foto Katalog

Tripod memberi Anda stabilitas dan mencegah keburaman dalam fotografi katalog, terutama jika Anda memotret produk dari dekat. Untuk bidikan close up, disarankan untuk menggunakan lensa makro khusus yang dirancang khusus untuk tujuan ini, memungkinkan Anda mendapatkan lebih dekat daripada lensa normal.

Tripod dapat memberikan kamu stabilitas saat memotret, serta mencegah keburaman dalam foto katalog kamu. Selain itu, perlengkapan kamera ini juga sangat berguna jika kamu harus memotret produk dalam jarak dekat. Untuk bidikan yang close up, gunakanlah lensa makro khusus.

4. Tampilkan Sisi Terbaik dari Produkmu di Foto Katalog

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tujuan dari foto katalog adalah memamerkan produk kamu pada audiens. Oleh karena itu, cobalah untuk menampilkan sisi terbaik dari produk kamu.

Sisi-terbaik-produk pada katalog

Pikirkanlah sisi mana dari produk kamu yang paling konsumen minati. Selain itu, jika kamu menjalani bisnis pakaian, tampilkan sisi terbaik dari setiap sisi produk kamu secara detail. Kamu juga harus mengambil foto close-up untuk menampilkan berbagai detail dari produk kamu.

Baca Juga: Identitas Produk, Mengapa Setiap Bisnis Perlu Memilikinya?

5. Periksa Kembali Hasil Foto Katalog

Sebelum kamu mengunggah hasil foto katalog di media sosial, periksa kembali hal ini dengan detail. Meski terkesan sepele, namun pemeriksaan ini dapat membuat kamu mendeteksi jika adanya kesalahan dalam foto.

Hasil dari pemeriksaan tersebut bisa kamu terapkan langsung di feed Instagram. Maka pastikan hasil foto katalog sesuai dengan strategi digital marketing yang sudah kamu tentukan.

Baca Juga: Apa Itu Feed Instagram? Ini 5 Tips Menarik dalam Membuatnya!

Aplikasi untuk Foto Katalog di HP

Tak hanya menggunakan kamera profesional, kamu juga bisa menggunakan kamera smartphone untuk mengambil foto katalog. Meski begitu, kamu membutuhkan beberapa tools di bawah ini agar foto katalog kamu lebih baik.

Apa saja tools-nya? Berikut ini daftar tools yang berguna untuk foto katalog:

1. Photoroom

PhotoRoom merupakan aplikasi populer bagi pebisnis dalam memoles foto katalog. Ada banyak sekali fitur yang bisa kamu manfaatkan di PhotoRoom, yaitu:

  • Fitur Classic: Kamu bisa mengubah latar belakang foto katalog kamu dengan fitur ini. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah memindahkan foto kamu.
  • Fitur Shadow: Dengan fitur ini, kamu bisa menambahkan bayangan agar foto katalog terkesan lebih alami dan nyata.
  • Fitur Kolase: Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menggabungkan berbagai foto menjadi satu.

2. PicsArt

Tak hanya bisa digunakan untuk foto aesthetic, aplikasi PicArt juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis. Banyak sekali fitur dari PicsArt yang bisa membantu kamu dalam membuat foto katalog:

  • Menambahkan Stiker: Ada banyak sekali pilihan stiker di PicsArt yang bisa kamu gunakan. Selain itu, fitur stiker juga bisa digunakan untuk menempelkan gambar di gambar lainnya.
  • Kolase: Tak hanya PhotoRoom, PicsArt juga menyediakan fitur kolase pada aplikasinya.
  • Efek dan Filter: Banyak sekali efek dan filter yang bisa kamu gunakan di PicsArt. Kamu bisa menyesuaikan efek dan filter ini dengan tema dari foto katalog kamu.

Baca Juga: 10 Aplikasi Digital Marketing yang Wajib Kamu Tahu

Penutup

Semoga setelah membaca tulisan ini ada manfaat untukmu ya, terutama pada tips foto katalog beserta cara-caranya.

Kamu bisa andalkan foto katalog untuk bisnis. Apalagi bila bisnismu sudah merambah pada Instagram, dijamin ada kemajuan besar seiring berjalannya waktu.

Kamu bisa mengikuti kursus yang ada pada Sasana Digilab (yang didukung oleh Sasana Digital) agar kamu bisa lebih advance dalam menggunakan Instagram untuk bisnis.

Kursus ini membuatmu meningkatkan nilai bisnis setapak demi setapak secara pasti. Yuk daftar kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.