Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

3 Poin Utama Struktur Teks Iklan Beserta Contohnya

I

Iklan sudah melekat dalam benak pelaku usaha sebagai suatu strategi promosi dalam membangun suatu bisnis. Isi dari teks iklan tersebut pun bermacam-macam, biasanya untuk mengenalkan suatu brand atau mengenalkan suatu produk yang akan ditawarkan. 

Teks iklan biasanya mengandung kalimat fakta dan opini. Opini ini merupakan pernyataan untuk menarik minat calon pembeli yang ditulis dalam bentuk kalimat. Kamu dapat dengan mudah membuat suatu iklan bila kamu sudah paham akan struktur teks iklan tersebut. 

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai struktur, ciri-ciri bahasa, serta tips dalam menyusun teks iklan. Yuk simak artikel dibawah ini, ya!

Apa yang Dimaksud dengan Teks Iklan dan Strukturnya Teks Iklan?

Iklan merupakan salah satu cara untuk mempromosikan produk, brand, atau layanan kepada audiens untuk mendorong ketertarikan.

Iklan dapat dibuat dalam berbagai bentuk dari media cetak hingga media elektronik, dan salah satu unsur pembangunnya yaitu teks iklan.

Teks Iklan adalah salah satu media yang digunakan untuk mengkomunikasi pesan dari sebuah iklan agar maknanya dapat tersampaikan dan dimengerti oleh audiens yang ditarget.

Untuk membuat teks iklan ini, setidaknya kamu juga harus paham apa saja struktur pembangunnya.

Struktur Teks Iklan adalah hal-hal mendasar atau pondasi dalam membuat sebuah teks iklan yang nantinya berfungsi menarik perhatian audiens yang akan membacanya.

Kenapa dua hal di atas begitu penting? Alasannya tentu iklan akan mengarahkan konsumen untuk membeli karena iklan teks, dan agar hal itu terwujud maka dibutuhkan sebuah struktur teks iklan yang baik.

Jadi, dalam iklan kita harus menyantumkan judul, nama produk, dan penjelasan atau deskripsi tentang produk yang diiklankan.

Sebaiknya, jangan sampai ada yang terlewatkan agar iklan yang kamu buat lengkap dan mudah dipahami dengan baik oleh audiens.

Dengan membuat iklan, kamu dapat menjangkau banyak pengguna dan berdampak langsung bagi bisnis. Dengan iklan tersebut kamu akan mendapatkan peningkatkan penjualan atau pengenalan brand. 

Contoh Struktur Teks Iklan Berdasarkan 3 Poin Utamanya

Pada dasarnya, hampir setiap iklan khususnya di dunia digital memiliki struktur yang sama. 3 poin utama atau bagian yang paling penting dalam sebuah teks iklan adalah:

1. Orientasi Iklan

Orientasi iklan merupakan bagian awal yang berisi perkenalan mengenai produk atau jasa. Ini bertujuan agar informasi dapat disampaikan dalam iklan.

Struktur dari orientasi iklan berupa headline yang paling pertama kali orang lihat. 

2. Tubuh Iklan

Bagian tubuh iklan ini membahas hal apa saja yang ingin dipromosikan atau ditawarkan, dan merupakan bagian perluasan dari orientasi iklan.

Pada bagian ini juga iklan harus mengangkat hal terpenting yang berupa penjelasan tentang produk, keunggulan barang atau jasa. Dengan kata lain, konsepnya adalah penjelasan lebih rinci tentang produk yang ditawarkan.

3. Justifikasi Iklan

Ini merupakan bagian akhir yang berisi penjelasan yang memudahkan publik mengakses barang atau jasa yang ditawarkan. Biasanya dilengkapi dengan keterangan seperti nomor telepon, akun media sosial, website,email, alamat, atau sejenisnya.

Berikut adalah contoh struktur teks iklan berdasarkan 3 poin utama yang telah dijelaskan sebelumnya:

3 Struktur dari Teks Iklan yang baik

 Baca Juga: 5 Ciri-ciri Iklan yang Baik Ini Wajib Kamu Ketahui!

Bagaimana Ciri-ciri Bahasa dalam Iklan?

Agar tepat sasaran dan lebih menarik, bahasa iklan harus dibuat secara sederhana tanpa meninggalkan suatu ciri khas yang ada di dalamnya. Beberapa ciri-ciri bahasa dalam iklan, yaitu:

a. Menggunakan Slogan

Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. 

Slogan biasanya terdiri dari empat sampai lima kata yang mudah diingat dan memiliki daya tarik. Ini agar pesan yang dimaksud bisa diterima oleh orang yang terkena terpaan iklan tersebut.

b. Menggunakan Kalimat Persuasif

Apa itu persuasif dan kalimat persuasif? Arti persuasif adalah berisi ajakan, saran, hingga perintah yang memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu. 

Kalimat bersifat membujuk secara halus sehingga audiens dibuat menjadi yakin. Hal tersebut membuat penggunaan kalimat persuasif menjadi penting dalam pembuatan iklan.

Misalnya, “Bingung belajar digital marketing dimana dengan harga murah dan topik pembahasan lengkap? Ikuti kursus online di Sasana Digilab!”

Baca Juga: Cobain nih, Contoh Kata-kata Promosi untuk Online Shop Kamu!

c. Menggunakan Subjek Orang Pertama

Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Biasanya suatu brand atau perusahaan akan menggunakan subjek orang pertama jamak, yaitu kami. 

Sebagai salah satu jenis kata yang fungsinya untuk menggantikan kata benda atau orang tertentu yang tidak disebut secara langsung.

d. Bahasa yang Singkat, Padat, dan Jelas

Pengunaan bahasa yang singkat, padat, dan jelas akan semakin membuat pembeli mudah menyerap informasi. 

Karena jika penyampaian iklan itu secara bertele-tele serta menggunakan bahasa yang rumit, pembeli akan merasa kesulitan dalam menerima informasi yang terkandung pada iklan. 

Baca Juga: Digital Advertising: Pengertian, Cara Kerja, serta Contohnya

Tips Menyusun Struktur Teks Iklan

• Teks Iklan Harus Dibuat Menarik dan Sekreatif Mungkin

Pertanyaanya, “Mengapa iklan harus dibuat menarik?”

Tujuannya tidak lain tidak bukan adalah untuk mengarahkan perhatian sasaran iklan tertarik dengan produk barang, jasa atau acara yang ditawarkan, membuat sasaran iklan berhasrat memiliki produk yang ditawarkan, dan melakukan tindakan yang diharapkan.

Tulislah isi pesan tersebut menggunakan pilihan kata, menarik, dan sopan sesuai gaya bahasa iklan yang cenderung persuasif. 

Pilihan kata tepat, menarik, dan sopan dimaksudkan agar kata-kata tersebut mampu menarik perhatian sasaran iklan. Isi iklan harus jujur, menarik, jelas, dan tidak bertentangan dengan produk lain. 

Bahasa iklan pun harus singkat, padat, mudah dipahami , dan berkonotasi positif.

Iklan Disusun Tidak hanya Berupa Teks

Dengan semakin banyaknya media informasi, iklan kini sangat beragam, yaitu berupa gambar, audio, video, audio video, atau flash banner. 

Tujuan pemasangan iklan di media agar produk atau jasa tersebut dikenal, diminati, lalu dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara atau ketentuan dalam menulis iklan agar menarik minat sasaran iklan.

Pastikan Terdapat Informasi Kontak

Informasi kontak bertujuan untuk memberikan informasi kemana calon konsumen akan menghubungi ketika ia tertarik dengan iklanmu dan ingin membeli atau bertanya lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Namun, ada hal yang perlu di ingat, jika kamu adalah seorang pebisnis, mungkin percakapan seperti itu sudah sering kamu lakukan dengan pelanggan. 

Namun pernahkah kamu mengalami kejadian pembeli yang sudah menawar dan menanyakan tentang produk secara detail. Ternyata pembeli tersebut tidak jadi membeli? 

Dari kejadian tersebut, kamu harus mengerti salah satu trik agar chat tersebut berujung kepada pembelian. Salah satu hal yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah kamu wajib respon dengan cepat dan informatif ketika pembeli bertanya.

Baca Juga: Wajib Tahu 9 Contoh Iklan Digital yang Ada di Internet!

Penutup

Iklan adalah cara untuk mempromosikan produk sehingga kamu dapat menjangkau banyak pengguna dan akan berdampak langsung kepada bisnismu. Dari iklan tersebut kamu akan mendapatkan peningkatkan penjualan atau pengenalan brand secara luas. 

Ketika pembuatan iklan, tak lupa untuk menggunakan struktur teks agar mudah dipahami oleh audiens yang membaca/melihat iklanmu. 

Bagi kamu yang masih bingung memahami konsep dasar digital marketing secara menyeluruh, kursus online ini akan menjadi solusi yang tepat buatmu!

Kursus online ini akan membahas hal-hal fundamental yang wajib diketahui, hingga strategi awal untuk segera memulai digital marketing. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.