Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

Alasan Utama Pentingnya Keunggulan Produk dalam Bisnis

I

Sebelum memahami pentingnya membangun keunggulan produk dalam berbisnis, kamu juga harus tahu apa yang dimaksud dari produk itu sendiri.

Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan oleh penjual kepada pelanggan untuk dikonsumsi atau digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan yang bersangkutan.

Apakah hanya dengan hal itu saja, seorang pelanggan tertarik untuk menggunakan produkmu? Jawabannya tentu saja Tidak. Karena disamping itu, kamu juga harus menonjolkan apa keunggulan dari produk tersebut.

Tapi, apakah keunggulan produk yang dimaksudkan? Mari kita bahas!

Pengertian Keunggulan Produk

Kenapa keunggulan produk itu penting?

Jika produk adalah tentang apa yang ditawarkan kepada pelanggan, maka Keunggulan Produk adalah segala sesuatu yang menjadikan produk tersebut memiliki kelebihan dan nilai di mata pelanggan sehingga mendorong mereka untuk membelinya.

Menurut pendapat ahli, Kotler, menyebutkan bahwa produk adalah setiap tawaran yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan orang.

Produk yang baik adalah produk yang bisa memperhatikan pentingnya sisi kualitas agar dapat memberikan manfaat kepada pelanggan ketika menggunakannya. Karena itu, kamu harus perhatikan baik-baik seperti apa produkmu, apakah sudah memiliki kualitas atau belum.

Baca Juga: Product Development: Dari Definisi, Tahapan hingga Contohnya

Mengapa Keunggulan Produk Itu Penting?

Menurut Henard dan Szymanski, keunggulan kompetitif produk adalah superioritas dan atau pembedaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tawaran kompetitor.

Dalam dunia bisnis, produk yang memiliki kualitas baik akan menjadi pembeda dengan produk yang lainnya. Produk yang memiliki kualitas baik, biasanya memiliki harga yang relatif lebih tinggi.

Akan tetapi, alasan tersebut akan diperhitungkan kembali oleh pelanggan ketika melihat bagaimana kualitas dan hal lain yang dibawa produk tersebut seperti fitur ataupun cerita sehingga bisa bermanfaat bagi mereka.

Hal tersebut juga menjadi salah satu strategi pemasaran sehingga produk yang ditawarkan dapat dikenali dan menarik di mata pelanggan.

Manfaat Adanya Diferensiasi Produk

Berikut beberapa manfaat dari adanya diferensiasi produk di pasar.

Produk akan Lebih Mudah Diingat

Biasanya produk yang memiliki perbedaan dengan yang lainnya mampu diingat oleh pelanggan karena berbeda dari yang lain, seperti dari segi harga, desain, cerita, ataupun hal-hal lain yang mungkin unik. 

Pada dasarnya, pebisnis menginginkan produk yang ditawarkan tersebut mudah untuk diingat pelanggan agar mereka bisa datang kembali untuk membeli produk yang ditawarkan.

Menjadikan Produk Terlihat Lebih Unggul

Produk dengan kualitas tinggi, terjangkau, atau yang memiliki desain yang menarik akan menjadi incaran para pelanggan. Dengan kualitas yang baik dan dikenal oleh banyak pelanggan akan menjadikan produk lebih unggul dari produk lainnya.

Baca Juga: Product Market Fit: Pengertian serta Cara Mencapainya

Nilai dan Harga Jual Produk Menjadi Lebih Tinggi

Produk-produk di bisnismu haruslah memiliki daya tarik dan daya jual yang kuat. Hal tersebut berfungsi untuk membuat para pelanggan tidak keberatan jika kamu nantinya menaikan harga produk karena adanya diferensiasi yang telah dibuat. 

Meskipun pelanggan mengeluarkan uang yang cukup banyak, akan tetapi mereka merasa akan puas karena produk yang dibeli memiliki nilai dan keunikan khusus daripada produk lainnya. 

Hal tersebut terjadi dikarenakan kebiasaan konsumen yang selalu memburu produk yang terbilang Limited Edition (Edisi Terbatas) yang mana mampu menciptakan kepuasan tersendiri bagi pelanggan.

Mengatasi Rasa Pesimisme dalam Berbisnis

Merencanakan adanya diferensiasi produk agar tidak kalah saing dengan kompetitor perlu kamu lakukan agar tidak mengakibatkan rasa pesimis dengan bisnis yang sedang dijalankan karena pasang surut penjualan produk.

Membuat strategi tentang produk di setiap periode tertentu merupakan langkah tepat yang dapat dilakukan dan berguna untuk menyegarkan kembali minat pelanggan dalam berbelanja.

• Terciptanya Product Image

Produk yang sudah banyak dikenal oleh pelanggan karena memiliki keunikan dan kualitas baik nantinya akan mampu menciptakan citra produk (Product Image) sehingga memudahkan bisnis untuk mengembangkannya lagi menjadi lebih baik.

5 Kriteria Diferensiasi Produk yang Wajib Diketahui

1. Tidak Mudah Ditiru Pesaing

Dunia bisnis yang sudah digemari oleh banyak orang biasanya akan menciptakan ide-ide produk untuk bisnis. Hal tersebut yang akan memunculkan adanya pesaing bagi bisnis ataupun para pebisnis lainnya. 

Namun dengan menciptakan produk yang berbeda, unik, dan tidak mudah untuk ditiru akan menjadi pembeda dari bisnis yang lain. Selain itu akan menjadi nilai plus tersendiri di benak pelanggan.

Baca Juga: Desain Produk: Penjelasan Lengkap dan 7 Tahapan Melakukannya

2. Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen

Perbedaan produk dengan yang lain tidak hanya mudah untuk ditiru melainkan memperhatikan kebutuhan konsumen agar produk yang kita tawarkan bisa bermanfaat. 

Dalam hal ini produk yang kamu tawarkan harus menyesuaikan kebutuhan konsumen sehingga mampu menarik pelanggan untuk kembali datang untuk beli.

3. Memiliki Keunikan Tersendiri

Dalam berbisnis, hendaknya diferensiasi yang dilakukan oleh bisnis mempunyai kelebihan dibandingkan dengan bisnis kompetitor karena nilai unik saja akan memudar seiring banyaknya bisnis baru. 

Keunikan produk memang mampu membuat calon pelanggan terkesan, namun jika tanpa memiliki manfaat dan sama dengan produk lainnya biasanya tidak akan bertahan lama. 

Penjelasan di atas disebabkan karena banyaknya pesaing bisnis baru bermunculan dengan ide yang mungkin lebih segar dan menarik.

4. Harga Produk atau Jasa

Memiliki harga jual yang terjangkau oleh pelanggan juga harus diperhatikan agar tetap bisa menjadi tujuan para pelanggan untuk membeli produk sesuai yang dibutuhkan. 

Hal tersebut juga mengantisipasi para pesaing baru yang biasanya mematok harga yang lebih murah sehingga bisa mengurangi pelanggan karena beralih ke toko lain. 

Misalnya, jika di toko pakaianmu memiliki nilai jual 250 ribu dengan kualitas bagus dari toko sebelah dan stok yang terbatas maka pelanggan tidak segan akan membelinya.

Lain halnya, jika kamu mematok harga 250 ribu namun kualitas produk tidak sesuai harga dan sama seperti produk yang dijual di pasar maka pelanggan akan beralih ke pasar.

Baca Juga: Strategi Harga: Jenis, Tujuan, dan Faktor Penentuannya

5. Menguntungkan dari Sisi Bisnis

Mempunyai produk dengan keunikan berbeda dari yang lain akan menarik banyak perhatian pelanggan. Ketertarikan pelanggan karena keunikan tersebut akan mendorong untuk membeli.  

Hal tersebut jelas bisa menguntungkan dari sisi bisnis, karena banyaknya pelanggan datang maka tingkat penjualan produk meningkat sekaligus pemasukan atau laba yang dihasilkan. 

Keuntungan yang didapatkan juga hal utama yang menjadi patokan pebisnis dan menjadi data apakah mengalami kerugian atau tidak. Hal tersebut juga akan mempengaruhi terkait kenaikan harga.

Bagaimana Cara Membangun Keunggulan Suatu Produk?

Suatu perusahaan dikatakan memiliki keunggulan produk jika mempunyai karakteristik khusus, misalnya mutu atau kualitas yang baik, saluran distribusi yang lancar, penyerahan produk yang cepat serta memiliki merek produk yang terkenal. 

Membangun keunggulan produk demi keberhasilan suatu bisnis perlu diperhatikan. Melihat pelaku bisnis di masa sekarang sangat banyak, maka keunggulan produk penting untuk dibahas. 

Banyaknya pesaing bisnis mengembangkan keunggulan produk menjadi hal utama untuk dilakukan karena, menjadi lebih efektif dalam strategi pemasaran daripada memilih bersaing secara nilai tambah. 

Namun apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun keunggulan produk dalam bisnis, berikut 6 diantaranya:

  1. Meninjau kekuatan inti dari produk atau jasa
  2. Mengurangi biaya produksi
  3. Fokus pada layanan yang ditawarkan
  4. Fokus pada peningkatan kualitas
  5. Membedakan antara produk atau jasa dengan layanan
  6. Menjalin kerja sama dengan bisnis lain

Baca Juga: Ketahui 5 Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk Bisnis

Penutup

Di era digital seperti sekarang ini, ide bisnis bermunculan sangat banyak dengan inovasi baru mereka untuk dikemas dalam sebuah produk yang unik. Oleh karena itu, memiliki keunggulan produk dalam berbisnis menjadi hal utama agar tetap bisa bersaing secara komptetitif dengan perusahaan lainnya. 

Dengan memahami penjelasan dan cara-cara yang diberikan diatas akan membantu dalam membangun keunggulan produk.

Selanjutnya, kamu tentu tidak hanya mengkonsep apa saja keunggulan produkmu, namun juga harus menjelaskannya kepada para pelanggan. Karenanya, belajar panduan menulis copywriting untuk tujuan promosi melalui kursus online dari Sasana Digital Lab dapat menjadi solusi yang tepat buatmu!

Kursus online ini akan membahas secara lengkap mulai dari proses ideasi copywriting, sampai praktik menulisnya, loh! Yuk segera daftar kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.