Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

Pengertian dan Cara Cek Data Traffic Website Milikmu

I

Setiap website yang dibuat baik oleh personal maupun oleh bisnis atau perusahaan, Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengunjung.

Cara untuk mendapatkan pengunjung sebuah website dapat dilakukan dengan dua cara yaitu berbayar atau iklan dan gratis atau bisa disebut juga dengan organik.

Pengunjung website dapat disebut juga dengan traffic website atau lalu lintas website, namun tidak sebatas itu seperti perilaku pengunjung juga termasuk kedalamnya.

Pada artikel ini Sasana digital akan membahas terkait pengertian dari lalu lintas website, data yang di dapatkan dari lalu lintas website dan alasan lalu lintas website penting.

Apa Traffic Website Itu?

Menurut Bigcommerce, Lalu Lintas atau Traffic Website adalah hal yang merujuk kepada user atau pengguna yang datang mengunjungi suatu situs di internet. 

Dapat diartikan juga sebagai pengukuran pengunjung atau dalam istilah lainnya disebut dengan sesi. Umumnya, data yang diperoleh dari jumlah pengunjung, lama durasi pengunjung tinggal dan lainnya. 

Data tersebut akan digunakan sebagai alat untuk mengambil keputusan dalam bisnis dan memberikan pelayanan yang baik kepada pengguna.

Baca Juga: Ketahui Cara Cek Ranking Website dengan Tool Gratis Google

Cara Cek Data Traffic Website dengan Mudah

Untuk tahu lalu lintas website maka kamu perlu menggunakan tools yang sudah disediakan secara online. Berikut beberapa tools yang bisa digunakan untuk cek lalu lintas website, antara lain:

  1. SEMrush
  2. Similar Web
  3. Google Search Console
  4. UberSuggest
  5. Serpstat
  6. Ahrefs
  7. Monster Insights

Ketika pertama kali website muncul pada tahun 90-an, ukuran atau jumlah pengunjung website adalah sebagai patokan popularitas sebuah situs web.

Dan menjadi acuan sukses atau tidaknya sebuah website, hal ini karena belum ada lagi ukuran yang bisa mengukur kesuksesan sebuah website pada zaman itu.

Dengan perkembangan dunia Digital Marketing, jumlah pengunjung bukan menjadi satu-satunya yang perlu dianalisa. Beberapa data lain yang perlu diketahui seperti:

1. Lama Pengguna Mengunjungi Website

Akan menjadi suatu hal yang percuma apabila kamu bisa mendatangkan banyak pengunjung tetapi setelah beberapa detik pengguna pergi dari website kamu.

Apabila pengunjung tidak bertahan lama di website kamu, maka kemungkinan terjadinya konversi atau pembelian produk dan layanan akan berkurang.

Metrik atau data pengukuran tersebut dinamakan bounce rate (rasio pentalan). Waktu yang dihabiskan pengguna pada satu halaman website bisa menjadi gambaran bagaimana perilaku pengguna.

2. Jumlah Pengunjung yang Melakukan Pembelian

Agar suatu bisnis online maju dan berkembang, maka dibutuhkan jumlah pengunjung yang besar serta pengunjung yang tepat.

Karena akan menjadi hal yang percuma apabila jumlah pengunjung besar tanpa dibarengi dengan penjualan yang meningkat.

Metrik yang digunakan untuk menentukan efektif tidaknya jumlah pengunjung dan penjualan disebut dengan konversi.

Tingkat konversi dapat menunjukan seberapa efektif bisnis online atau website yang kamu jalankan untuk memasarkan produk kamu.

Dengan data membantu kamu untuk bisa menentukan strategi marketing selanjutnya yang akan dilakukan.

3. Biaya Mendatangkan Pengunjung

Tidak semua website menggunakan teknik gratis untuk mendatangkan pengunjung dan lainnya menggunakan teknik berbayar seperti iklan atau afiliasi.

Ada dua data yang penting dalam biaya mendatangkan pengunjung yaitu biaya memperoleh pelanggan (CAC) pelanggan dan biaya per akuisisi (CPA).

CAC adalah mengukur biaya yang dihabiskan suatu bisnis atau perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru. 

Sedangkan CPA, merupakan metrik untuk mengukur biaya pelanggan menyelesaikan tindakan tertentu seperti mengklik tombol, mengisi form, melakukan pembelian dan lain lain.

Dengan mengetahui biaya yang diperlukan, kamu bisa merubah strategi iklan yang kamu lakukan. Tentunya ini bisa membantu kamu menghemat biaya promosi.

Bagaimana Traffic Website Dicatat?

Pada saat seseorang mengunjungi suatu website, perangkat akan terhubung dengan server situs web. Ketika itu terjadi server situs website mengirimkan file ke browser pengguna dan akan menampilkan teks dan gambar.

Dan hal tersebut akan dihitung sebagai satu klik dan dihitung sebagai lalu lintas website. Hal ini tidak hanya terjadi pada halaman beranda tetapi semua halaman yang terdapat di website.

Dengan begitu server bisa menentukan dengan tepat berapa banyak klik yang diterima oleh masing-masing halaman.

Baca Juga: Mengenal Cara Analisis Website, Tools, serta Contohnya

Mengapa Traffic Website Penting?

Tujuan dari pembuatan website dan pemasaran online adalah untuk memperluas dan memperbanyak penjualan. 

Maka dari itu website yang kamu punya harus memiliki pengunjung untuk diubah menjadi konsumen. Dan untuk mencapai hal tersebut membutuhkan pengunjung berkualitas yang banyak.

Dibawah ini akan membahas mengapa lalu lintas website sangat penting untuk bisnis yang kamu punya, antara lain:

• Mendatangkan Konversi atau Pembelian

Lalu lintas website berjalan berdampingan dengan konversi, semakin banyak pengunjung website maka akan menaikan peluang konversi.

Untuk itu penting untuk membuat desain website yang baik untuk mendapatkan konversi. Situs website dengan desain yang unik akan diingat oleh pengunjung dan memberikan pemahaman tentang bisnis yang kamu jalankan.

Hal tersebut dapat meningkatkan nilai bisnis kamu dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Namun, beberapa orang kesulitan dalam menentukan tingkat konversi pada saat situs website mengalami kenaikan jumlah pengunjung.

Bahkan sekitar 34%, pebisnis yang mengumpulkan data pengunjung tidak mengetahui apa yang harus dilakukan dengan hal tersebut.

Maka dari itu perlu memiliki ide spesifik dalam pemasaran untuk membuat lalu lintas webiste menjadi sebuah penjualan.

Karena apabila tidak bisa mengubah lalu lintas website maka tidak akan ada pengembalian investasi yang dilakukan dalam pemasaran.

Oleh karena itu pastikan desain website dan pengalman pengguna berjalan dengan baik di situs web kamu.

Menentukan Traffic Website Terbaik

Kurang lebih ada 4 jenis lalu lintas website yaitu pengunjung yang berasal dari iklan, pencarian organik, referal atau afiliasi dan media sosial.

Dengan data lalu lintas website kamu bisa melihat dari mana asal pengunjung terbanyak. Kamu bisa menyusun strategi yang tepat atau fokus pada salah satu sumber pengunjung.

Tentunya dengan begitu kamu akan menghemat biaya yang diperlukan untuk melakukan promosi bisnis.

Baca Juga: Apa Itu SERP? Ini Cara Maksimalkan Situsmu di Mesin Pencari!

Penutup

Traffic website merupakan hal yang penting dalam website baik untuk personal atau pun bisnis. Karena tanpa adanya pengunjung, website tidak akan menghasilkan apa-apa.

Oleh karena itu, penting caranya bagaimana kita bisa mengecek lalu lintas website dan cara untuk memaksimalkannya, entah itu dari sumber organik, referral, ataupun berbayar.

Setelah kamu paham apa itu traffic website serta cara untuk mengecek datanya, kamu sebaiknya juga harus paham seperti apa konsep dasar digital marketing secara menyeluruh. Karena itu, kursus online ini adalah solusi yang tepat buat kamu!

Kursus online ini akan membahas hal-hal fundamental yang wajib diketahui, hingga strategi awal untuk segera mulai menyusun strategi digital marketing. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.