Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

11 Kursus Digital Marketing Bersertifikat untuk Pelaku UMKM

I

Lewat tulisan ini kamu akan mengetahui bagaimana UMKM dan kursus digital marketing bersertifikat saling bermanfaat. Setelah membaca ini kamu jadi lebih paham.

Pernahkah kamu merasa bahwa UMKM yang sudah besar sangat bisa melakukan digital marketing? Lalu kamu merasa ternyata kamu tertinggal dalam hal itu?

Itu hal yang sangat menakutkan di dunia bisnis, apalagi sekelas UMKM yang butuh optimasi khusus dalam digital marketing.

Maka kamu sangat butuh kursus digital marketing. Terlebih lagi bila kursus tersebut kompeten memberi sertifikat sebagai validasi.

Ini 11 Kursus Digital Marketing Bersertifikat!

Kursus pada bidang digital marketing cukup banyak yang gratis dan juga berbayar. kamu bisa memilih terlebih dahulu yang gratis.

Setelah yakin dengan manfaatnya yang luar biasa pada digital marketing, kamu bisa meningkatkan level digital marketing dengan opsi berbayar.

Di bawah ini ada lebih dari sepuluh kursus digital marketing bersertifikat. Spesial bagi kamu yang ingin mengasah langkah digital marketing demi bisnis!

11. Google Digital Garage

Pernah bermimpi mengikuti sertifikasi dari Google? Jika iya, maka kursus yang satu ini sangat cocok untuk kamu.

Pada kursus Google Digital Garage, berisi berbagai macam pelatihan digital marketing tingkat internasional. Ada yang gratis dan berbayar.

Kursus tersebut disediakan dan dikurasi oleh Google, bekerja sama dengan beberapa institusi dan universitas dunia.

Bagi kamu yang memiliki keterbatasan bahasa Inggris, ada baiknya melatih sedikit bahasa Inggris kamu. Sebab akan lebih nyaman bila sudah menguasai dasar bahasa Inggris.

Kamu bisa memilih Fundamental Digital Marketing untuk opsi gratis. Diperlukan ketekunan hingga nanti bisa menyelesaikan dan mendapatkan sertifikat.

Kursus digital marketing bersertifikat ini sangat cocok bagi level pemula, bahkan sebagian ilmu dasar pakar digital marketing di Indonesia sangat mirip dengan Google Digital Garage.

10. LinkedIn Learning

Siapa yang tak tahu LinkedIn? Apalagi bila kamu berusia 30 tahun hingga 40 tahun. Platform online ini terkenal sebagai pusat perkumpulan tenaga kerja. Mulai dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, hingga berbagai mancanegara.

Hal yang unik ternyata LinkedIn memiliki fitur khusus sehingga membuat kamu mendapat sertifikat bila mengikutinya, yaitu kursus online.

Hal ini sangat bermanfaat bila kamu bertujuan meningkatkan kualitas bisnis UMKM. Kamu bisa mengikuti LinkedIn Learning dengan gratis selama memiliki masa free trial 1 bulan.

Ketika masa free trial masih berlangsung, segera ikuti kursus dari LinkedIn. Banyak pembelajaran yang dapat membuat UMKM meningkat dari segi digital marketing.

9. Google Analytics Academy

Ada yang pernah mendengar GA? Bila iya, berarti kamu sudah cukup familiar dengan dunia digital marketing.

Ternyata Google Analytics memiliki akademinya tersendiri untuk menyiapkan talenta digital dari seluruh wilayah dunia. Melalui kursus online yang cukup interaktif dan inspiratif, kamu bisa mendalaminya.

Google Analytics Academy akan menjelaskan fitur dan esensi tools dalam digital marketing seperti apa pada kamu melalui bahasa Inggris.

Ada fitur subtitle yang bisa kamu manfaatkan, meski terkadang ada beberapa kalimat yang kurang pas di negara Indonesia.

Bila kamu tertarik meningkatkan nilai bisnis UMKM, maka kursus ini bisa kamu ikuti. Selama UMKM tersebut sudah siap memiliki website. Sebab GA ini khusus digital marketing yang memiliki website.

Tetapi ingat, tidak semua digital marketing harus memiliki website ya.

Baca Juga: Google Analytics: Cara Kerja, Fungsi, dan Berbagai Fiturnya

8. YouTube Creator Academy

Beberapa tahun terakhir, penonton YouTube melonjak drastis. Seperti yang diberitakan pada CNN bahwa YouTube saat ini sudah menjadi raja Media Sosial.

Sebanyak 94% warga Indonesia memakai YouTube. Sebanyak 93% warga Indonesia memakai Instagram.

Maka fenomena tersebut harus bisa dimanfaatkan oleh kamu sebagai pelaku UMKM. Entah itu sebagai Tim UMKM maupun sebagai pemilik UMKM.

Kursus ini bisa menjadi pilihan ketika kamu sadar bahwa digital marketing tidak hanya di Instagram dan TikTok, ada juga di platform YouTube.

Ada sedikit catatan untuk YouTube Creator Academy ini, yaitu kursus dapat diikuti oleh kreator dan partner yang memiliki partner manager YouTube atau akses ke Content ID.

Baca Juga: 12 Ide Konten YouTube Unik yang Sangat Menarik Penonton

7. Meta Blueprint

Kali ini ada Meta Blueprint yang mendeklarasikan secara singkat bahwa Meta menyediakan pembelajaran online, program pelatihan, dan sertifikasi digital marketing.

Bagi kamu yang sudah dekat dengan teknologi pasti tahu siapa pemilik perusahaan Meta ini. Ya, Mark Zuckerberg adalah pemilik perusahaan tersebut.

Dengan mengikuti Meta Blueprint membuat kamu memahami bagaimana memakai platform yang berkaitan dengan Meta.

Kursus Bersertifikat META Blueprint Membuat Paham tentang Facebook

Rata-rata kursus di pelatihan ini mengharuskan kamu membayar sekian dollar agar bisa lebih paham platform WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Baca Juga: Belajar Facebook Ads: 7 Tips Dasar Membuat Iklan

Bila kamu baru memulai UMKM, disarankan untuk tidak mengambil ini. Mungkin di masa mendatang saat kamu sudah akrab dengan digital marketing maka kamu tidak akan menyesal berlatih di Meta Blueprint.

6. HubSpot Academy

Reputasi yang dimiliki oleh HubSpot bagi senior digital marketer sangat baik. kamu bisa banyak melakukan pekerjaan digital yang dibutuhkan perusahaan dengan tools HubSpot.

Maka HubSpot Academy juga menawarkan berbagai kursus online untuk menunjang para talenta digital dalam melakukan digital marketing.

Ada baiknya kamu memahami bahasa Inggris agar ilmu yang disampaikan lebih mudah dimengerti. Sedangkan bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu, harus bersabar dalam mengikuti HubSpot Academy ini.

Sertifikat akan diberikan saat kamu menyelesaikan rangkaian pembelajaran yang ada.

Untuk UMKM yang sudah berjalan cukup jauh dengan digital marketing, HubSpot Academy boleh untuk dipertimbangkan.

5. SEMRUSH Academy

Untuk kursus digital marketing yang satu ini cukup lengkap. Mulai dari iklan klik, mesin pencari, konten, media sosial, affiliate marketing, juga research yang kompetitif.

Setelah mempelajarinya, kamu bisa mendapat sertifikat dan ilmu digital marketing yang berguna. Apalagi bila kamu berada di UMKM yang ingin naik level.

Kursus Digital Marketing ini gratis dan bisa diikuti dari seluruh negara. Bahkan ujian yang diberikan sama lengkap dengan yang diberikan oleh kursus dari Google.

4. Microsoft Advertising Certifications

Pernahkah kamu bermimpi memiliki sertifikat dari Microsoft? Bila iya, maka kamu sudah tepat untuk membaca tulisan ini. Sebab Microsoft menyediakan hal itu.

Kamu harus bersedia mengikuti kursus dari Microsoft dalam Microsoft Advertising Certifications.

Kamu yang ingin memanfaatkan ilmu iklan digital bisa memilih kursus online ini. Sehingga dalam mengelola iklan digital bisa lebih efektif untuk UMKM.

Sebagian dari kursus ini gratis dan sebagiannya lagi masuk kategori berbayar.

3. Hootsuite Academy

Sertifikat digital marketing juga tersedia di sini, yaitu pada Hootsuite Academy. Terdapat beberapa tahapan untuk belajar digital marketing di sana.

Hootsuite sendiri adalah aplikasi manajemen media sosial yang membuat digital marketer lebih mudah dalam mengelola media sosial.

Terdiri kurang lebih 10 atau 9 modul yang akan kamu pelajari bila mengikutinya. Terdapat ujian juga untuk menguji skill kamu dalam melakukan digital marketing media sosial.

Untuk harga mungkin cukup perlu merogoh saku karena dibandrol dari harga 1 juta hingga 15 juta.

2. BNSP (asal Indonesia)

BNSP ditempatkan pada posisi kedua karena memiliki kekuasaan yang besar di negara Indonesia. Mengingat betapa resminya BNSP di mata hukum Indonesia. Badan Nasional Sertifikasi Profesi alias BNSP dibentuk oleh negara untuk menjadi badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden.

Dalam kewenangannya sebagai otoritas sertifikasi personel dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja sesuai Pasal 18 ayat (5) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Mulai dari harga 1 juta rupiah kamu bisa mengikuti sertifikasi dan memanfaatkan ilmu digital marketing yang ada.

Modul di sana sangat lengkap. Mulai dari digital marketing hingga yang bukan digital marketing semua ada di BNSP.

Khusus untuk digital marketing ada sekian modul yang disediakan:

  • Content Writer
  • SEO Specialist
  • Internet Marketer
  • Youtuber
  • Influencer
  • Software Engineer
  • Blogger
  • Developer Web

Tetapi ada hal yang harus kamu ingat, bahwa sertifikat tersebut harus diperbarui kembali setelah 3 tahun berlalu ya.

1. Sasana Digital (asal Indonesia)

Kursus digital marketing bersertifikat selanjutnya juga berasal dari Indonesia. Berbekal ilmu dari foundernya yang merupakan lulusan universitas ternama di Eropa, lalu mengembangkan talenta digital di Indonesia.

Kamu dapat menemukan perpaduan dari Google Digital Garage, LinkedIn Learning, dan Google Analytics Academy pada Sasana Digital.

Sebab kamu bisa memilih untuk belajar dari dasar fundamental lalu berevolusi sampai pada tahap professional. Hingga nantinya bisa membaca angka di tools digital marketing.

Selain itu kamu akan mendapatkan perpaduan dari YouTube Creator Academy, Meta Blueprint, dan HubSpot Academy.

Sebab kamu semakin paham dengan platform yang dinaungi oleh META. Seperti pada platformi WhatsApp dan Facebook. Sedangkan ilmu untuk mendeliver konten membuat kamu seperti belajar di YouTube Creator Academy.

Ada pun pada pada legalitasnya dan kompetensi yang Sasana Digital miliki sudah disahkan oleh BNSP. Dalam artian BNSP menganggap Sasana Digital layak mendapat predikat ahli.

Manfaat Sertifikat Digital Marketing Bagi Tim UMKM

Kamu pernah bertanya apa manfaat sertifikat digital marketing bagi UMKM? Mari kita bahas dari segi tim UMKM.

Sertifikat digital marketing adalah validasi dimana seseorang memiliki kemampuan dalam digital marketing.

Maka ketika sebuah tim UMKM memiliki sumber daya manusia yang memiliki sertifikat tersebut, maka aktivitas UMKM bisa disokong oleh tim tersebut dengan lebih baik.

Selain itu tim UMKM kamu mampu berlomba dengan UMKM lain yang setiap detiknya berusaha tampil paling depan di mata pembeli.

Para pembeli juga akan merasa bahwa UMKM yang menarik perhatian mereka seperti diperlakukan oleh tim professional.

Baca Juga: Cara Belajar Digital Marketing yang Efektif Buat Pelaku UMKM

Manfaat Sertifikat Digital Marketing Bagi Pemilik UMKM

Ada yang pernah berkata bahwa pemilik bisnis hanya terima beres saja???

Tidak ada yang salah dari perkataan itu. Tapi rata-rata UMKM yang sangat berkembang disebabkan pemiliknya paham pada hampir semua aspek bisnisnya, termasuk digital marketing.

Seperti yang terjadi pada Kopi Kenangan, sebuah brand yang awalnya UMKM menjadi sebuah brand ternama karena pemiliknya memahami digital marketing.

Seperti juga pada Brodo yang awalnya berbentuk UMKM sederhana lalu bertumbuh menjadi brand terkenal di masyarakat.

Penutup

Tak ada salahnya memilih yang gratis. Tak ada salahnya pula memilih yang berbayar. Sungguh digital marketing memiliki peluang yang manfaatnya sangat menjanjikan untuk di-explore.

Seperti yang dilakukan pemilik bisnis lain bersama Sasana Digital. Bisnis mereka semakin berkembang dan tajam pada sisi digital marketing. Sehingga kamu juga seharusnya bisa seperti UMKM yang naik kelas. Semakin paham WhatsApp, Facebook, Tokopedia, hingga Shopee.

Ilmu dan bisnis harus bisa sejalan pada setiap kursus. Sekarang saatnya kamu mendalami bersama Sasana Digital pada kursus digital marketing bersertifikat oleh ahli yang kompeten.

Tunggu apa lagi? Waktu terus berputar dan bisnis orang lain terus berjalan. Ayo daftar kursusnya! Kamu jadi paham digital marketing untuk bisnis.

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.