Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

4 Jenis Iklan Online di Dunia Digital Beserta Contohnya

I

Membuat promosi produk atau jasa menjadi tugas setiap pelaku bisnis untuk meluaskan jangkauan bisnisnya. Iklan menjadi salah satu hal yang penting untuk mempromosikan produk bisnis kamu.

Berbagai jenis iklan dari produk atau jasa sudah sering ditemui, seperti di televisi, billboard dan media lainnya. Kini cukup dengan internet, kamu bisa memasang iklan bisnis yang kamu punya loh!

Mau tau iklan apa yang bisa kamu coba? Yuk, simak penjelasan berikut!

Apa Itu Iklan Online?

Bagi kebanyakan orang, kata iklan sudah tak asing lagi. Terlebih bagi para pelaku bisnis, iklan menjadi salah satu media untuk mempromosikan produk atau jasa dari sebuah bisnis yang mereka jalankan.

Iklan tentu membutuhkan media sebagai tempat untuk menyampaikan pesan dan tujuan promosi. Media inilah yang menjadikan iklan disebut sebagai iklan online atau bukan.

Iklan Online adalah iklan yang menggunakan internet sebagai media perantara sekaligus sebagai sarana untuk memasarkan produk atau jasa bisnis agar memiliki jangkauan yang luas dan tertarget.

Terdapat 4 jenis iklan online yang ada di dunia digital. Keempat-empatnya dapat disebarluaskan melalui berbagai platform contohnya media sosial, website, dan lain-lain.

Baca Juga: Apa Itu Digital Campaign? Ini Pengertian dan Tips Membuatnya

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai 4 jenis iklan online di bawah ini!

Jenis-jenis Iklan Online di Dunia Digital

a. Jenis Iklan Pencarian (Search Advertising)

Iklan pencarian atau search advertising bisa juga disebut sebagai Paid Search. Jenis iklan ini termasuk dalam Search Engine Marketing (SEM) yang memiliki sebuah cara kerja dalam menampilkan iklan.

Cara kerjanya adalah dengan memunculkan iklan saat kata kunci yang relevan dengan iklan bisnis kamu diketikkan di mesin pencarian user.

Iklan yang sesuai dengan kata kunci ini, akan muncul di bagian paling atas sebagai hasil pencarian.

Misalnya ketika user mengetik kata baju unik, maka iklan yang berkaitan dengan baju unik ini akan muncul pada tampilan hasil pencarian user.

Adanya mesin pencarian, siapapun bisa mencari apa saja yang mereka butuhkan melalui mesin pencarian ini. Termasuk jika mereka sedang mencari produk atau jasa dari bisnis yang kamu punya.

Oleh karena itu, hal penting yang harus kamu perhatikan dalam iklan pencarian ini adalah kata kunci.

Bila kata kunci yang kamu gunakan dalam konten tulisan kamu semakin mendekati apa yang sering dicari oleh konsumen, maka semakin mudah iklan bisnis kamu muncul di hasil pencarian. 

Selain kata kunci yang menjadi penentu agar iklan mudah untuk dijangkau. Pemasangan iklan jenis ini juga menawarkan kemudahan sistem pembayaran.

Pembayaran untuk pemasangan iklan jenis ini adalah sistem PPC atau Pay Per Click, artinya kamu hanya akan membayar biaya pemasangan iklan di mesin pencarian bila ada yang mengklik iklan bisnis kamu.

b. Jenis Iklan Bergambar (Display Advertising)

Sesuai namanya, iklan bergambar atau (display advertising) adalah iklan yang menampilkan tampilan visual berupa gambar yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

Kamu mungkin sering menemui display advertising ini di berbagai platform media yang kamu gunakan, mulai dari website hingga platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan lain-lain.

c. Jenis Iklan Email (Email Advertising)

Email merupakan salah satu alat komunikasi personal. Namun, melalui email kamu juga bisa melakukan pemasaran loh.

Iklan email atau email advertising adalah iklan online yang promosinya dilakukan dengan mengirimkan iklan produk atau jasa yang ingin ditawarkan melalui pesan yang akan diterima secara personal pada inbox email penerima.

Agar lebih optimal dalam memanfaatkan iklan jenis ini, kamu bisa mencoba untuk membuat email bisnis yang akan membantu bisnis kamu lebih profesional.

Selain itu, dengan email bisnis kamu akan lebih mudah mengirimkan email advertising kepada banyak email sekaligus.

Sebelum mengirim email advertising, kamu bisa mengecek tampilan iklan yang akan kamu kirimkan. Agar kamu bisa melihat apakah iklan kamu sudah menarik bagi konsumen atau belum.

Di dalam iklan email ini, kamu bisa menambahkan gambar, video atau tautan agar konsumen yang tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan mendapatkan akses langsung.

Hal tersebut akan memberikan kesan memudahkan konsumen loh.

d. Jenis Iklan Video (Video Advertising)

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan jenis iklan yang satu ini. Ya! Iklan video ini sering dijumpai di berbagai platform media sosial, seperti Youtube, Instagram, TikTok dan lainnya.

Secara umum, iklan video merupakan salah satu jenis iklan online yang mengemas konten promosi produk berupa video.

Melalui iklan video, promosi produk bisa dikemas dengan lebih kreatif dengan memberikan kesan yang menarik perhatian audiens melalui indra penglihatan dan pendengaran.

Iklan video atau video advertising ini memberikan kebebasan kreativitas dalam pembuatannya. Mulai dari iklan video dengan storytelling, iklan video berbentuk animasi, hingga iklan video yang langsung menawarkan produk.

Melihat fenomena media sosial yang banyak menyajikan konten berupa video, jenis iklan online yang satu ini bisa banget kamu coba untuk mengoptimalkan pemasaran produk bisnis yang kamu punya.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Iklan yang Baik Ini Wajib Kamu Ketahui!

5 Contoh Iklan Online dari Brand Terkenal

1. Contoh Iklan Oreo

Sumber: archive.citrapariwara.org

Iklan oreo ini adalah salah satu contoh iklan online untuk website yang dibuat oleh tim advertise dari Leo Burnett Indonesia – Publicis One yang bekerja sama dengan PT Mondelēz Indonesia Manufacturing. Iklan ini ditujukan kepada konsumen makanan ringan.

2. Contoh Iklan Grab

Sumber: archive.citrapariwara.org

Ini adalah contoh iklan yang termasuk dalam kategori Art Direction yang dibuat oleh agensi bujukrayu yang bekerjasama dengan PT. Grab Teknologi Indonesia.

Iklan ini ditujukan kepada audiens agar tertarik menggunakan jasa layanan ojek online yang disediakan oleh Grab. Dalam iklan ini, Grab mencoba menjawab solusi konsumen di saat keadaan jalanan sedang macet.

3. Contoh Iklan Bumbu Instan Sasa

Sumber: archive.citrapariwara.org

Iklan bumbu instan sasa ini termasuk iklan online dengan kategori iklan gambar, gambar yang digunakan adalah untuk digital imaging iklan yang akan dipasang melalui media internet.

Iklan ini dibuat oleh agensi AMBILHATI dengan kerja sama PT. Sasa Inti, iklan ini ditujukan kepada audiens agar tertarik untuk menjadi konsumen dari salah satu produk PT. Sasa Inti ini.

Iklan ini ditujukan untuk konsumen yang ingin praktis dalam memasak, tidak menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan berbagai macam bumbu dan tentunya ingin hasil masakan yang juga enak.

4. Contoh Iklan Blibli.com

Sumber: archive.citrapariwara.org

Ini merupakan contoh iklan digital yang termasuk display advertising. Iklan ini dibuat atas kerjasama PT. Global Digital Niaga dan IDN Creator Network.

Iklan ini ditujukan untuk audiens supaya tertarik menggunakan jasa yang ditawarkan oleh blibli.com.

5. Contoh Iklan XL Axiata

Sumber: archive.citrapariwara.org

Iklan yang satu ini adalah contoh iklan yang termasuk dalam kategori Digital Integrated Campaign yang dibuat oleh PT. XL Axiata Tbk. dan Flock Creative Network.

Iklan ini ditujukan untuk masyarakat dalam kampanye mudik aman 2020 lalu. Dalam kampanye lewat iklan ini, masyarakat yang merencanakan mudik di tahun 2020 lalu menjadi lebih teredukasi.

Baca Juga: Strategi Promosi: Dari Pengertian hingga Langka-langkahnya

Apa Saja Keuntungan Menjalankan Iklan Online?

Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu menjalankan iklan online

• Menjangkau Audiens yang Lebih Luas di Internet

Salah satu tujuan pelaku bisnis adalah dapat meluaskan jangkauan dari produk atau jasa bisnis yang sedang dijalankan. Selain agar dapat dikenal oleh audiens, juga untuk meningkatkan penjualan.

Dengan menggunakan iklan online yang dipasang melalui internet, dapat menjangkau jutaan pengguna internet yang tak berbatas wilayah.

Terjangkaunya calon konsumen melalui penggunaan internet menjadi kesempatan untuk dapat meluaskan jangkauan bisnis kamu hingga ke seluruh dunia.

Terukur dan Dapat Dianalisis Performanya

Dengan menggunakan iklan online dalam bisnis, kamu dapat mengukur efektivitas dari iklan yang kamu pasang di media online yang kamu pilih.

Mulai dari jangkauan, target pemasaran, hingga biaya yang kamu keluarkan untuk memasarkan produk bisnis kamu.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan analisa pada performa iklan dalam memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui data statistik yang diperoleh dari pemasangan iklan.

Data yang diperoleh ini menunjukkan efektivitas dari iklan yang kamu pasang di media yang kamu gunakan. Ini bisa membantu kamu untuk menentukan target iklan selanjutnya.

Biaya Terjangkau

Berbicara biaya dalam bisnis, setiap pelaku bisnis pasti ingin memperoleh keuntungan dari bisnis yang sedang dijalankan.

Dengan memanfaatkan iklan online sebagai media untuk memasarkan produk atau jasa dari bisnis yang kamu jalankan, akan memberikan berbagai keuntungan.

Salah satunya adalah anggaran biaya pemasangan iklan yang terbilang murah jika dibandingkan dengan pemasangan iklan secara konvensional.

Bisa dibayangkan untuk pemasangan iklan di televisi, surat kabar, spanduk, hingga billboard yang akan memakan anggaran yang cukup besar.

Baca Juga: Ini Biaya Beriklan di Google Ads serta Cara Menghitungnya

Penutup

Sebagus apapun sebuah produk atau jasa dalam sebuah bisnis, jika pemasarannya buruk maka luasnya jangkauan iklan akan sulit untuk dicapai.

Melalui iklan online yang menarik dan berpotensi menjangkau jutaan pengguna internet di Indonesia hingga dunia akan membuat bisnis kamu berkembang dengan cepat. Kamu bisa mencobanya sekarang!

Bagi kamu yang ingin sekali meningkatkan penjualan berkali lipat melalui strategi berbayar (Facebook & Instagram Ads), kursus online ini akan menjadi solusi yang tepat buatmu!

Kursus online ini akan membahas secara lengkap mulai dari persiapan, strategi, hingga optimalisasi iklan yang akan segera kamu jalankan. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.