Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

12 Ide Konten YouTube Unik yang Sangat Menarik Penonton

I

Bagi kamu seorang pebisnis yang baru memulai channel Youtube, mungkin sempat kesulitan dalam menentukan ide konten YouTube yang menarik.

Atau, mungkin kamu juga masih mengira-kira konten seperti apa yang bakal cocok untuk channel kamu.

Sebenarnya ada banyak ide konten untuk video YouTube yang bisa kamu pilih. Misalnya, video berisi review produk, konten edukasi, video percakapan dengan orang lain, dan masih banyak lagi.

Nah, buat kamu yang mau mencari tahu lebih banyak ide menarik yang bisa kamu pilih, simak rangkuman dari Sasana Digital berikut mengenai ide konten YouTube yang unik untuk mengundang viewers.

1. Video Tutorial

Membuat vlog dari Ide konten youtube

Untuk ide konten YouTube yang pertama ini, mungkin kamu sudah cukup sering melihatnya.

Jika kamu ahli dalam bidang tertentu, kamu bisa coba buat video berisi tutorial. Misalnya, tutorial memperbaiki barang elektronik, tutorial memakai perlengkapan make-up, atau yang lainnya.

Video tutorial akan sangat membantu orang-orang, sekaligus memberi peluang menarik untuk mengembangkan channel kamu.

2. Review Produk

Saat ini, video berisi review tentang suatu produk cukup banyak orang sukai. Sebab, pada zaman yang serba belanja online sekarang, orang-orang akan lebih terbantu dengan adanya review produk yang ingin mereka beli.

Ketika membuat video review produk, pastikan kamu tetap menjaga ulasan kamu jujur ​​dan menarik.

Sebagai contoh, kamu bisa lihat channel YouTube bernama GadgetIn yang sering membuat video review produk-produk elektronik.

Baca Juga: Identitas Produk, Mengapa Setiap Bisnis Perlu Memilikinya?

3. Perbandingan Dua Produk

Sebenarnya konten ini cukup mirip dengan review produk. Akan tetapi, pada video ini kamu lebih fokus untuk mencari tahu mana produk yang lebih baik, mana produk yang lebih cocok, atau semacamnya.

Video perbandingan bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat konten review tanpa berfokus hanya pada satu produk.

Jadikan ulasan kamu lebih bermanfaat bagi penonton dengan membandingkan dua atau lebih produk yang sangat mirip, kemudian berikan mereka rekomendasi kamu.

Baca Juga: Ini Alasan Utama Pentingnya Keunggulan Produk dalam Bisnismu

4. Video Opini

Ide konten YouTube yang pertama adalah video tentang opini untuk menanggapi suatu isu.

Video opini merupakan salah satu cara yang bagus untuk tetap update dengan topik yang sedang tren dan banyak orang perbincangkan.

Terlebih jika suatu isu yang akan kamu tanggapi cocok dengan tema channel YouTube kamu, tentunya ini bisa jadi pilihan yang terbaik.

5. Tanggapan Video Opini Orang Lain

Selain membuat video opini sendiri, kamu juga bisa menanggapi dari opini orang lain. Salah satunya misal membuat video untuk menanggapi video opini YouTuber lain.

Kamu bisa membuat tanggapan yang mengarah pada setuju atau tidak setuju dengan pendapat orang lain tersebut. Kemudian, kamu juga bisa menambahkan opini pribadi, agar video YouTube kamu menjadi lebih menarik.

6. Reaksi terhadap Video Trending

Melihat ide konten youtube

Sedikit dengan video opini, pada ide konten YouTube ini kamu lebih menampilkan bagaimana reaksimu terhadap video atau konten yang sedang trending.

Reaksi yang bisa kamu tampilkan mulai dari ekspresi, mimik, sampai gerak tubuh kamu.

Misalnya kamu ingin membuat video reaksi terhadap konten yang lucu, atau reaksi ketika melihat video yang mengagumkan.

7. Konten Podcast

Kamu mungkin tahu video-video channel YouTube Close the Door milik Deddy Corbuzier. Nah, itu adalah salah satu jenis konten podcast video.

Kamu bisa membuat ide konten video podcast dengan pembuat konten lain, atau dengan tokoh berpengaruh di yang cocok dengan bidang kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mewawancarai orang tertentu yang tengah tren dan menjadi perbincangan. Ini akan memberikan konten segar untuk penonton kamu.

Baca Juga: Cobain 9+ Ide Konten Menarik untuk Instagram Bisnismu!

8. Video Sesi Tanya Jawab (QnA)

Ide konten YouTube ini terbilang cocok jika channel kamu sudah mulai berkembang dan terkenal.

Kamu bisa coba mengambil pertanyaan-pertanyaan yang viewers ajukan di kolom komentar YouTube, di media sosial, email, dan yang lainnya.

Video jenis ini bisa menjadi ide konten yang menarik sekaligus edukatif bagi para penonton setia kamu.

9. Video Parodi

Konten video parodi sempat ramai dan banyak orang buat. Jika branding channel kamu memiliki tema yang humoris dan jenaka, ide konten ini bisa menjadi pilihan.

Kamu bisa buat parodi film, acara, video YouTube, atau video musik terkenal untuk menghibur penonton kamu.

10. Video Challenge

Untuk ide konten YouTube yang satu ini juga bisa dibilang cukup familiar. Kamu mungkin sering melihat video tantangan memakan makanan pedas. Nah, itu adalah salah satu contohnya.

Dengan membuat video partisipasi kamu terhadap challenge yang tengah viral, kamu akan lebih up to date terhadap tren yang sedang terjadi.

Pastinya dengan mengikuti trend, kemungkinan video YouTube kamu ditonton orang akan lebih besar.

Baca Juga: Mari Ketahui Apa Itu Konten Beserta 9 Jenisnya!

11. Tur Studio/Kamar

Agar membuat para penonton kamu terasa lebih dekat, kamu bisa coba buat konten room tour.

Konten seperti ini cukup menarik bagi orang-orang, terlebih jika melakukan tur ruangan milik idola favorit mereka.

Kamu bisa coba ajak penonton untuk melihat sekeliling kamar atau studio, sehingga mereka bisa belajar lebih banyak tentang idolanya atau bahkan kamu sendiri.

12. Video List

Ide konten YouTube terakhir adalah video berisi list. Konten yang berisi rangkuman yang kamu buat menjadi daftar atau list bisa menjadi bentuk video edukatif yang menarik.

Misalnya, kamu membuat video tentang 5 ponsel murah terbaik, tentu ini akan menarik perhatian para penggemar ponsel atau mereka yang ingin membeli ponsel murah.

Video seperti ini cenderung bekerja sangat baik, karena mengandung informasi yang jauh lebih mudah untuk orang tangkap.

Penutup

Setelah memahami lebih dari 10 ide konten untuk YouTube, jangan lupa segera memberanikan diri untuk membuat video versimu. Banyak orang yang akan senang dengan dengan videomu seiring berjalannya waktu.

Kesuksesan di YouTube bisa diraih dengan menjalankan apa yang ada pada tulisan ini.

Sebelum mencoba pada platform YouTube, sebaiknya kamu mengoptimalkan bisnis kamu dari platform social media lain seperti Instagram yang memiliki audiens mirip.

Tentu  kamu yang ingin memaksimalkan kegiatan promosi melalui peran Instagram Marketing, ada kursus online yang sangat cocok untukmu!

Kamu akan mendalami hal-hal mengenai fondasi utama dalam melakukan promosi, copywriting, content marketing plan, hingga audit media sosial. Tunggu apa lagi? Yuk segera daftar kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.