Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

Ketahui 5 Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk Bisnis

I

Di zaman modern ini, nilai sebuah produk tidak hanya dilihat dari manfaatnya saja, tetapi juga bisa kamu lihat dari seberapa kreatifnya desain produk yang dimiliki. 

Dalam bidang marketing, tentu desain produk sangat penting untuk menarik perhatian calon konsumen.

Apa itu desain produk? Desain produk adalah sebuah upaya untuk membuat serta memperbaiki suatu produk agar lebih menarik para calon konsumen.

Yuk, simak 5 faktor berikut yang mempengaruhi desain produk yang wajib diketahui setiap pebisnis!

Memahami Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk

1. Fungsi dan Kegunaan Produk

Desain produk juga tidak hanya diprioritaskan untuk menghasilkan desain yang menarik mata para konsumen saja, tetapi juga suatu desain produk harus bisa mengkomunikasikan tentang detail yang ditawarkan kepada konsumen.

Hal tersebut dilakukan untuk membuat konsumen mengetahui secara jelas untuk siapa produk tersebut akan diperjualbelikan.

Tentunya kamu juga sudah tidak asing saat melihat tujuan produk, beberapa komposisi produk yang seringkali berbeda dalam kemasan produk tersebut.

2. Standar dan Spesifikasi Desain

Selain itu, dalam membuat desain produk para pebisnis juga harus memperhatikan karakteristik produk yang akan ditawarkan, karena yang dapat mempengaruhi desain produk nantinya dibuat.

Karakteristik produk tersebut yang nantinya dijadikan sebagai dasar untuk memilih warna yang dirasa lebih sesuai dengan produk, model ilustrasi yang bisa mewakili tujuan dari produk dan lainnya.

3. Tanggung Jawab Produk

Yang dimaksud dengan tanggung jawab produk tersebut adalah pemberian kepastian maupun jaminan pebisnis kepada produk yang ditawarkan.

Hal tersebut tidak lain bertujuan untuk menghilangkan keraguan konsumen tentang produk yang ditawarkan dan meningkatkan keyakinan para konsumen tentang produk tersebut.

Baca Juga: Product Market Fit: Pengertian serta Cara Mencapainya

4. Harga dan Volume Produk

Berikutnya selain memperhatikan tampilan, karakteristik dan detail informasi yang harus tercantum dalam produk, pihak pebisnis atau produsen juga harus mempertimbangkan tentang harga dan volume produk yang akan diproduksi.

Hal tersebut dilakukan agar saat memproduksi kemasan serta produk tersendiri tidak menyebabkan luapan anggaran yang begitu besar nantinya.

Sebab hal tersebut nantinya akan merugikan pihak pebisnis apabila mengeluarkan produk tidak sesuai dengan anggaran yang masuk.

5. Bentuk Dasar atau Prototipe

Bentuk dasar atau prototipe adalah model pertama yang dikeluarkan oleh pebisnis untuk mewakili produk asli yang akan ditawarkan ke konsumen.

Hal tersebut tentunya diperuntukan agar konsumen benar-benar bisa mengenali jenis produk yang akan ditawarkan dengan baik.

Dan prototipe dikeluarkan oleh pebisnis biasanya berwujud dalam bentuk sample produk yang akan diberikan secara cuma-cuma untuk mempermudah para konsumen merasakan produknya tersebut terlebih dahulu.

Hal-hal Penting dalam Desain Produk

• Proses Perubahan Sesuai Dengan Proyek

Dalam proses desain produk yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen seperti kebutuhan atau preferensi konsumen, berapa banyak waktu yang kamu miliki hingga anggaran proyek.

Proses yang disesuaikan dengan kemampuan bisnis serta pengguna adalah paling efektif dan kembangkan proses desain kamu saat produk berkembang.

Desain Produk Bukanlah Proses Linear

Banyak orang yang berpikir jika desain merupakan proses linier yang dimulai dengan menentukan produk dan diakhiri dengan pengujian.

Tetapi anggapan tersebut salah, sebab fase tersebut seringkali memiliki penumpukan dan biasanya ada banyak proses bolak-balik.

Saat pebisnis mempelajari lebih lanjut tentang masalah yang dipecahkan, pengguna dan kendala mungkin perlu meninjau kembali beberapa penelitian yang dilakukan dengan mencoba ide desain baru

Desain Produk Berdasarkan Komunikasi

Mengkomunikasikan desai yang hebat adalah salah satu hal yang hebat, konsep terbaik akan gagal saat tidak mendapatkan persetujuan dari sebuah tim, maka dari itulah mengapa desain produk terbaik adalah komunikator yang hebat

Proses Desain Produk yang Tidak Pernah Berakhir

Proses desain produk digital bukanlah hal yang hanya dilakukan satu kali dan implementasi sering sekali mengungkapkan kesenjangan dalam desain seperti asumsi buruk tentang produk.

Untuk menciptakan produk yang sukses, kamu perlu mengadopsi siperbaikan yang berkelanjutan.

Ini merupakan peluang besar bagi kamu untuk melihat gambaran yang lebih besar, meningkatkan pekerjaan berdasarkan umpan balik konsumen.

Baca Juga: 7 Contoh Desain Produk yang Menggebrak Dunia, Sudah Tahu?

Manfaat Desain Produk bagi Perkembangan Bisnis

Desain produk sendiri diakui sebagai salah satu kunci yang bisa menentukan apakah produk tersebut akan dibeli oleh konsumen, dengan memiliki desain produk yang bagus dan juga strategi penjualan yang menunjang.

Maka produk yang dijual isa lebih laku dipasaran, dalam sebuah desain produk tersebut terdapat adanya proses produksi, harapan dan juga keputusan final. 

Tidak hanya itu saja ada beberapa manfaat desain produk untuk perkembangan bisnis kamu.

  • Dapat Memberikan Nilai Lebih untuk Produk
  • Mampu Meningkatkan Daya Saing produk
  • Menjadi Faktor Penentu Kesuksesan Produk
  • Meningkatkan Pendapatan
  • Dapat Meningkatkan Citra Bisnis

7 Langkah Pembuatan Desain Produk

Setelah tahu apa saja faktor dalam mendesain sebuah produk, mari kita ketahui juga 7 langkah dalam mendesainnya!

  1. Menciptakan visi dan strategi produk
  2. Melakukan Riset Pasar untuk Menyampaikan Keputusan Berikutnya.
  3. Membuat Ide Untuk Memecahkan Permasalahan Konsumen.
  4. Membuat desain dan Mewujudkan Konsep
  5. Melakukan Uji Coba dan Validasi.
  6. Bekerjasama dengan Pengembang untuk Produk
  7. Memahami Pendapat Pengguna Sesudah Menggunakan Produk tersebut.

Baca Juga: Desain Produk: Penjelasan Lengkap dan 7 Tahapan Melakukannya

Bagaimana Desain Produk yang Baik bagi Bisnis?

Desain produk bisa dikatakan baik apabila para pebisnis sudah memenuhi kriteria seperti berikut ini:

  • Memiliki Nilai Guna untuk Konsumen
  • Mengutamakan Fungsi Produk
  • Fokus Untuk Melakukan Desain Produk Dengan Baik
  • Mampu Memecahkan Setiap Masalah
  • Memperhatikan Keindahan dan Estetika Desain
  • Memperhatikan Detail Hingga Ke Hal yang Kecil
  • Menggunakan Desain Produk yang Sederhana dan Dapat Dipahami Konsumen
  • Selalu Inovatif Setiap Saat Apalagi Adanya Konsumen Baru
  • Memiliki Desain yang Mampu Bertahan Dalam Waktu yang Lama

Baca Juga: 6 Jenis Pengembangan Produk serta Tujuannya dalam Bisnis

Penutup

Itu tadi penjelasan mengenai 5 faktor desain produk yang harus diketahui oleh setiap bisnis atau perusahaan, agar nantinya produk yang dikembangkan dapat diterima oleh pasar (Product Market Fit)

Setelah kamu tahu bagaimana mendesain suatu produk yang siap uji di pasar, kamu wajib tahu juga bagaimana konsep dasar digital marketing secara menyeluruh agar proses pemasarannya dapat menjadi lebih efektif. Karena itu, kursus online Sasana Digital Lab adalah solusinya!

Kursus online ini akan membahas hal-hal fundamental yang wajib diketahui, hingga strategi awal untuk segera mulai menyusun strategi digital marketing. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.