Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

Facebook Ads Library, Galeri Iklan Buat Nyari Referensi!

I

Apakah kamu stuck dengan ide-ide konten yang akan kamu iklan-kan? Sementara, kompetitormu saat ini sedang gencar-gencarnya promosi produk dengan beriklan. Ini adalah solusi untuk menggunakan Facebook Ads Library sebagai inspirasi konten iklanmu.  

Dengan Facebook Ads Library, akan memberikan peluang bagi kamu untuk mengembangkan konten melalui referensi iklan milik kompetitor yang menawarkan produk serupa dengamu. 

Jika kamu belum memahami apa itu Facebook Ads Library, simak penjelasan dibawah ini, ya!

Mengenal Facebook Ads Library

Galeri Iklan Facebook atau Facebook Ads Library adalah salah satu situs yang dihadirkan oleh Meta yang berisi ribuan iklan yang sedang berjalan dan dapat digunakan sebagai referensi pembuatan iklan.

Setelah Facebook mengganti nama menjadi Meta dikarenakan Facebook ingin melakukan rebranding dengan nama yang sejalan dengan visi masa depan Facebook. 

Perusahaan Facebook diketahui tengah mengembangkan visi masa depan yang diberi nama metaverse. Lalu, Facebook Ads Library pun berubah nama menjadi Ad Library yang dapat kamu gunakan sebagai mencari inspirasi mengenai konten iklan.

Selain melihat konten-konten iklan yang dapat kamu jadikan inspirasi, berbagai fitur lainnya juga dapat kamu gunakan untuk bisnismu. Kamu dapat gunakan Facebook Ads Library ini untuk melihat Insight iklanmu.

Facebook Ads Library pada kategori bagian Isu, Pemilu, Politik akan menampilkan informasi lengkap tambahan mengenai iklan. Seperti, siapa yang mendanai iklan, kisaran biaya yang dihabiskan, dan jangkauan iklan di beberapa demografi. Galeri pada kategori ini mempunyai jangka waktu untuk menyimpan iklan tersebut selama 7 Tahun. 

Namun ketika kamu ingin melaporkan suatu iklan yang menurutmu kurang pantas untuk ditampilkan, kamu diharuskan untuk mempunyai akun Facebook untuk bisa melaporkan iklan tersebut. 

Kira-kira berapa lama iklan yang kamu buat akan ditampilkan oleh Ad Library? Nah, iklan yang kamu buat akan ditampilkan di Galeri Iklan dalam waktu 24 jam sejak impresi pertamanya. Perubahan atau pembaruan iklan juga akan tertera dalam galeri iklan dalam waktu 24 jam.

Fitur Ad Library untuk Analisis Iklan

Selain berfungsi untuk melihat iklan-iklan apa saja yang tayang, kamu juga dapat menggunakan Ad Library ini untuk menganalisis seperti apa strategi beriklan di Faceboo & Instagram Ads. Berikut ini fitur yang dapat kamu gunakan pada Facebook Ads Library.

1. Insight

a. Total Galeri Iklan

Kamu bisa melihat total galeri berserta jumlahnya dengan hanya menyertakan kategori di Galeri Iklan.

b. Pelacak Pengeluaran

Fitur selanjutnya kamu bisa melihat pengeluaran pengiklan untuk iklan mengenai isu sosial, pemilu, atau politik di seluruh Galeri Iklan.

fitur pelacak pengeluaran dari ad library

Baca juga: Anti Boncos dengan 7 Tips Optimasi Biaya Iklan Facebook

c. Data Pengiklan Berdasarkan Rentang Tanggal

• Pengeluaran Iklan

Data pengiklan berdasarkan rentang tanggal mulai dari hari terakhir, 7 hari terakhir, 30 hari terakhir, 90 hari terakhir. Ataupun kamu bisa cek secara keseluruhan dengan semua tanggal.

data pengeluaran iklan di ad library

Pengeluaran Berdasarkan Lokasi

Lihat pengeluaran berdasarkan lokasi. Pilih wilayah untuk melihat pengiklan mana yang merupakan pembelanja teratas untuk iklan mengenai isu sosial, pemilu, atau politik dalam rentang tanggal yang ditentukan.

fitur pengeluaran berdasarkan lokasi dari ad library

2. Facebook Ads Library API

Application Programming Interface (API) merupakan Galeri Iklan yang memungkinkan kamu untuk melakukan pencarian kata kunci khusus dari iklan yang disimpan di Galeri Iklan

Kamu bisa mencari data untuk semua iklan aktif dan tidak aktif tentang isu sosial, pemilu, atau politik. 

Fungsi Facebook Ads Library

• Melacak Iklan yang sedang Berjalan

Pada Facebook Ads library kamu bisa melihat berbagai iklan yang sedang berjalan. Pilihlah kategori sesuai yang ingin kamu cari. Misalnya, kamu ingin mencari referensi konten iklan mengenai produk fashion. 

Maka, Facebook Ads Library akan menampilkan berbagai kumpulan iklan mengenai produk fashion yang bisa kamu jadikan referensi untuk produkmu.

Riset Aktivitas Kampanye Kompetitor

Kompetitor adalah sebuah saingan bisnis yang menawarkan produk serta taget pasar yang serupa. Perkembangan dan kemajuan produkmu juga ditentukan oleh kompetitor dengan bagaimana kamu menyusun strategi yang lebih unggul dari kompetitor.

Kompetitor sering kali dianggap sebagai suatu tantangan atau resiko bagi perusahaan sehingga hasil akhir yang diinginkan adalah mendapatkan profit. 

Jadi, perlu bagi kamu untuk riset aktivitas kampanye kompetitor jika kamu ingin membuat strategi promosi melalui iklan agar konten iklanmu lebih unggul daripada kompetitor.

Riset Tren Iklan Digital Terkini

Riset adalah menganalisis sesuatu dengan metode yang sistematis serta berguna untuk memperoleh informasi terperinci mengenai tren iklan digital terkini. Riset dapat membantu brand untuk menghasilkan besarnya pasar potensial suatu produk. 

Setelah riset, kamu dapat menentukan konten iklan sesuai dengan tren digital terkini sehingga orang pun akan lebih banyak melihat iklan tersebut.

Sebagai Referensi Kampanye atau Iklan

Kamu bisa mengetahui taktik pemasaran kompetitor sehingga kamu bisa memberikan penawaran yang lebih menggunakan copywriting dan memodikasikan untuk iklanmu unik dan menarik.

Semakin lama sebuah iklan dijalankan maka kemungkinan besar performanya semakin bagus.

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Facebook Ads Ini untuk Promosikan Bisnismu

Cara Menggunakan Ad Library

Berikut ini kami beri panduan tentang bagaimana caranya menggunakan Facebook Ads Library atau Ad Library:

1. Akses Melalui Desktop ataupun Mobile

Kamu bisa akses langsung di https://www.facebook.com/ads/library/ atau login ke akun Facebook milikmu.

akses meta ad library melalui hp atau pc

2. Pilih Kategori Iklan

Setelah kamu berada di Galeri Iklan, pilih terlebih dahulu kategori iklan yang akan kamu cari. Ada 2 kategori iklan yang dapat kamu pilih, kategori semua iklan atau kategori Isu, Pemilu, atau Produk. Seperti gambar yang dibawah ini:

Pilih kategori iklan di meta ad library

3. Pilih Jenis Produk

Setelah memilih kategori, ketik jenis produk iklan yang akan kamu cari.

Pilih jenis produk di meta ad library

4. Halaman akan Terlihat di Tampilan

Tampilan berbagai iklan akan langsung muncul pada halaman Galeri Iklanmu.

tampilan meta ad library

Baca juga: 5 Ciri-ciri Iklan yang Baik untuk Media Cetak & Elektronik

Penutup

Ketika kamu ingin mencari referensi mengenai konten iklan apa yang akan kamu pakai untuk produkmu, Meta Ads Library akan menjadi solusi bagimu untuk mengembangkan konten dengan referensi iklan dari berbagai kompetitor! 

Meta Ads Library ini bisa diakses oleh semua orang, dengan atau tanpa akun Facebook. Fitur lainnya juga dapat kamu gunakan untuk melihat total galeri iklan, pelacak pengeluaran dan data pengiklan berdasarkan rentang tanggal waktu  yang dapat kamu pilih. 

Dengan banyak ide konten yang menarik, kamu akan dilirik banyak pembeli dan meraup banyak keuntungan.

Bagi kamu yang ingin sekali meningkatkan penjualan berkali lipat melalui strategi berbayar (Facebook & Instagram Ads), kursus online ini akan menjadi solusi yang tepat buatmu!

Kursus online ini akan membahas secara lengkap mulai dari persiapan, strategi, hingga optimalisasi iklan yang akan segera kamu jalankan. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.