Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

9 Contoh Iklan Digital yang Seharusnya Kamu Tahu!

I

Menjalankan sebuah bisnis di era digital seperti sekarang ini mengharuskan para pelaku bisnis untuk menyesuaikan bisnisnya dalam melakukan aktivitas promosi guna mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan produk.

Kini, aktivitas promosi banyak dilakukan melalui platform digital yang menawarkan banyak fitur  menarik untuk memaksimalkan pemasaran sebuah produk.

Yuk, simak contoh iklan digital yang bisa kamu temui di beberapa platform digital berikut!

Butuh kursus digital? Kami solusi kursus bisnis online Jakarta terbaik yang sudah memberikan hasil nyata pada ratusan pebisnis UMKM di Indonesia.

1. Iklan Pencarian (Search Ads)

Iklan pencarian atau Search Ads merupakan iklan yang muncul di mesin pencarian saat pertama kali kamu mengetikkan sesuatu di kolom pencarian dan mencarinya.

Iklan ini biasanya muncul di bagian paling atas dari hasil pencarian. Tapi tidak menutup kemungkinan juga akan muncul di bagian bawah dari hasil pencarian.

Berikut contoh iklan pencarian yang muncul dari hasil pencarian.

Contoh di atas adalah contoh iklan pencarian dari TikTok dengan kata kunci digital marketing. Jadi, ketika kita mengetikkan sebuah kata kunci apa yang ingin kita cari, maka iklan yang berkaitan akan muncul.

Pada iklan tersebut ada keterangan kata iklan di bagian depan sebagai tanda bahwa itu adalah sebuah iklan.

2. Iklan Bergambar (Display Ads)

Iklan bergambar merupakan iklan digital yang biasanya muncul di halaman website atau blog orang lain. Misalnya seperti iklan di bawah ini.

Pada contoh iklan bergambar di atas, ada beberapa iklan digital yang muncul di halaman website Republika.co.id. Seperti iklan dari Shutterstock yang ada di sebelah kanan dan kiri halaman.

Tidak hanya satu jenis iklan, ada juga iklan dari Komisi Majelis Ulama Indonesia di halaman utama dan iklan dari Telkom.id di pojok kanan bawah.

Untuk menghilangkan iklan ini, cukup klik tanda silang (X) atau close.

3. Iklan Media Sosial (Social Media Ads)

Iklan media sosial adalah iklan yang muncul di media sosial. Bisa di bagian Instagram Story, beranda Facebook, beranda Twitter dan lainnya.

Berikut ini contoh iklan media sosial yang muncul di Instagram Story

Nah, iklan di atas adalah contoh iklan media sosial dari salah satu brand tas yang ada di Instagram. Iklan tersebut merupakan promosi produk dari sebuah brand tas bernama prior.id.

4. Iklan Penargetan Ulang (Retargeting/Remarketing Ads)

Iklan penargetan ulang atau retargeting merupakan iklan yang ditampilkan kembali setelah pengguna berinteraksi dengan media bisnis kamu, bisa di Facebook, Website dan platform media lainnya.

Iklan retargeting akan muncul di lain waktu saat pengguna sudah meninggalkan website atau iklan yang dipasang sebelumnya. Iklan ini dapat muncul terus menerus di halaman Facebook pengguna yang bersangkutan.

Berikut adalah contoh iklan penargetan ulang yang muncul di laman Facebook. 

5. Iklan Email (Email Ads)

Iklan email atau Email Ads ini mudah sekali ditemukan, kamu cukup membuka akun email dan masuk tab Promotions. 

Pesan yang masuk di bagian Promotions merupakan iklan email yang dikirimkan oleh perusahaan yang bersangkutan untuk melakukan promosi layanan dan produknya.

Ini merupakan contoh iklan email yang dikirimkan kepada pengguna email sesuai dengan riwayat ketertarikannya melalui website yang dikunjungi oleh pengguna.

6. Iklan Suara (Audio Ads)

Iklan suara atau Audio Ads merupakan bentuk promosi menggunakan audio. Misalnya bisa kamu temukan di Spotify, seperti saat kamu sedang mendengarkan Playlist lagu, akan ada jeda iklan penawaran dari Spotify.

Misalnya seperti iklan penawaran Spotify Premium, dan Podcast yang memasang iklan untuk dipromosikan. Dalam iklan ini, biasanya akan memunculkan gambar dan audio yang diputar dalam mempromosikan iklan.

7. Iklan Seluler (Mobile Ads)

Iklan seluler atau Mobile Ads adalah segala jenis iklan yang muncul di perangkat mobile kamu. Jenisnya bisa beragam, misalnya iklan yang muncul saat mengunjungi website, melalui SMS atau juga aplikasi yang dipasang.

Iklan Mobile ini juga ditargetkan pada pengguna sesuai dengan riwayat konsumen dalam melakukan penelusuran melalui perangkat Mobile Phone.

Berikut contoh iklan seluler yang muncul di aplikasi yang dipasang di Mobile Phone pengguna. iklan ini berisi penawaran aplikai premium dengan menawarkan Buy 1 Get 1 dab penawaran spesial sale.

8. Iklan Video (Video Ads)

Iklan video merupakan iklan yang cara mempromosikan produk atau layanannya menggunakan media audio visual atau video.

Iklan jenis ini bisa ditemukan di berbagai platform, seperti Website, Youtube dan platform lainnya yang mendukung.

Berikut adalah contoh iklan video yang muncul di Youtube. Seperti saat kamu sedang menonton video, iklan akan muncul di awal atau di tengah-tengah video yang kamu tonton.

9. Iklan Native (Native Ads)

Iklan native merupakan iklan yang tampilannya akan mengikuti template dari website atau platform sebagai media tempat memasang iklan.

Iklan native ini biasanya lebih user friendly atau yang ramah pengguna. Sehingga nyaman saat melihat iklan jenis ini karena formatnya disesuaikan dengan tampilan website dan platform yang menampilkan iklan tersebut.

Berikut contoh iklan native pada tampilan web Shopee. Format gambar, headline dan keterangan harga setiap produk dari toko yang berbeda memiliki format yang sama karena disesuaikan oleh Shopee.

selain itu, ada juga bentuk iklan native yang ada di Facebook seperti iklan di bawah ini.

 Baca Juga: 5 Ciri-ciri Iklan yang Baik Ini Wajib Kamu Ketahui!

Penutup

Bergesernya media dalam melakukan pemasaran, membuat kita pelaku bisnis mengikuti perkembangannya dan mulai mempelajarinya untuk perkembangan bisnisnya.

Iklan digital merupakan salah satu media pemasaran produk yang dapat sangat membantu perkembangan sebuah bisnis. Banyaknya jenis iklan digital ini dapat membantu memaksimalkan pemasaran melalui berbagai platform.

Bagi kamu yang ingin sekali mem-boost penjualan berkali lipat melalui strategi berbayar (Facebook & Instagram Ads), kursus online ini akan menjadi solusi yang tepat buatmu!

Kursus online ini akan membahas secara lengkap mulai dari persiapan, strategi, hingga optimalisasi iklan yang akan segera kamu jalankan. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.