Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

7 Contoh Copywriting di Instagram untuk Jualan Makanan

I

Copywriting di Instagram sangatlah penting untuk menjual makanan. Seperti apa copywriting yang baik di tahun 2022 – 2023? Simak terus tulisan ini ya!

“Tak kenal maka tak sayang”, itulah kalimat yang tepat dalam bisnis makanan. Kamu sebaiknya membuat orang lain mengenal brand bisnis milikmu.

Copywriting menjadi hal yang membuat orang-orang mau mengenal brand milikmu terutama dalam bisnis makanan.

Di bawah ini sudah dirangkum contoh-contoh copywriting di tahun 2022 yang bisa kamu pakai hingga 2023. Terutama dalam platform Instagram.

1. Copywriting Instagram RM Padang

Apa jadinya kalau rumah makan Padang punya skill hebat dalam digital marketing di Instagram?

Maka brand Padang Payakumbuah adalah jawabannya. Kamu tidak perlu menjiplak 100% gayanya.

Namun dari segi copywriting kamu bisa belajar banyak hal. Salah satunya adalah membuat komunikasi yang menarik agar meningkatkan penjualan.

Contoh Copy Writing di Instagram Rumah Makan Padang

Dari gambar di atas, awalnya memperkenalkan menu yang jadi unggulan atau menu pilihan di sebuah rumah makan.

Lalu menjelaskan rasa yang spesial. Yaitu ayam yang gurih dan sambal khas minang. Sedap bukan? Ditambah pula bayangan nasi hangat bila kamu selesai membaca caption-nya.

2. Copywriting Instagram Sandwich Cepat Saji

Sudah banyak usaha makanan cepat saji untuk saat ini. Mulai dari brand lokal hingga brand internasional.

Salah satunya adalah Subway yang bisa kamu pelajari copywriting yang dipakai dalam Instagram. Sehingga bisnismu bisa berkembang lebih jauh.

Contoh Copywriting di Instagram brand Subway

Pada gambar di atas Subway menawarkan kegiatan yang disukai orang-orang, yaitu traktiran. Kamu juga pasti suka kan?

Selain itu Subway mendesak dengan permasalahan yang ada, yaitu antri memesan makanan dan ribet memesan makanan.

Setelah mendesak dengan permasalahan, maka Subway menawarkan solusi yang bisa menjadi pilihan kamu.

3. Copywriting Instagram Makanan Cepat Saji Korea

Siapa yang tak suka makanan Korea? Mungkin ada, tapi jumlahnya masih lebih banyak orang-orang yang suka dengan makanan Korea.

Brand makanan cepat saji Korea yang satu ini memiliki copywriting yang menarik. Bisa kamu pakai untuk berjualan.

Contoh-Copywriting-makanan-khas-korea

Dari gambar di atas, penggunaan angka yang banyak menjadi sangat mencolok untuk audiens. Sehingga perhatian akan terpusat pada post Instagram Spicywon.

Apalagi ditambah dengan kata PUAS dan CUMA membuat pikiran pembeli menjadi tidak sungkan untuk mengeluarkan uang.

4. Copywriting Instagram Makanan Donat

Bagaimana caranya menjual bisnis donat melalui Instagram? Mungkin pembahasan kali ini adalah apa yang kamu cari.

Di bawah ini ada contoh copywriting bisnis donat bahagia yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan dijiplak 100% ya.

Contoh Copy Writing di Instagram-Jualan Donat

Dari gambar di atas, kamu bisa berlagak meminta bantuan seolah-olah harus dibantu saat itu juga. Sehingga followers akan mengalihkan fokusnya pada akun Instagram binismu.

Setelah itu hubungkan dengan produk yang ada di dalam bisnis makananmu. Sebutkan satu atau dua saja produk yang mau kamu tonjolkan.

Selain itu tambahkan hastag untuk meningkatkan reach pada Instagram. Sehingga jangkauan lebih luas dan kemungkinan menambah jumlah pembeli.

Baca Juga: Reach dan Impression itu Berbeda, Kok Bisa? Cek di Sini

Maka setelah itu siap-siap untuk mengalami penjualan yang meningkat. Semangat!

5. Copywriting Instagram Makanan Tempe

Apakah mungkin tempe bisa dijual melalui Instagram? Jawabannya adalah bisa!

Bila menggunakan copywriting yang ajaib maka kamu bisa menjual makanan khas Indonesia ini kepada berbagai kalangan. Seperti pada binis tempe mendoan di bawah ini.

Contoh-copywriting-bisnis-lokal-tempe-di-Instagram

Seperti pada gambar di atas, ada copywriting yang bisa menarik pengguna Instagram untuk membeli makanan tempe yang sudah jadi.

Pertama-tama kirimkan sugesti “pasti suka” dan dilanjutkan dengan hal yang menjadi ciri khas sebuah produk. Dalam konteks kali ini adalah produk tempe, yang terkadang memiliki suara “Kriuk” ketika dimakan.

Hal yang menjadi ciri khas tersebut bisa kamu bahas pada bisnis makanan yang sedang kamu jalani. Hal ini bermanfaat untuk menambah penjualan dan branding brand.

Baca Juga: Simak 6 Contoh Aktivitas Branding Produk dalam Berbisnis

6. Copywriting Instagram Ayam Cepat Saji

Bisnis makanan ayam cepat saji menjadi bisnis yang banyak digandrungi para pebisnis. Apalagi bahan baku yang mudah ditemukan di Indonesia membuat bisnis ini terlihat mudah.

Faktanya menjual ayam cepat saji itu susah-susah gampang! Kamu bisa menjual ayam dengan copywriting jitu seperti yang dilakukan oleh KFC.

Contoh-copywriting-di-akun-Instagram-KFC

Dari gambar di atas kita lihat bahwa KFC menjadi brand yang sangat dekat dengan pembelinya. Apalagi bisa mendekati pembeli berdasarkan hobi para pembeli.

Orang-orang yang suka bermain game akan lebih terpikat pada post Instagram yang diunggah oleh KFC. Sebab banyak orang Indonesia yang hobi bermain game. Di sisi lain engagement juga meningkat karena sesuai dengan minat pembeli.

Baca Juga: Engagement Rate itu Apa? Penting dan Harusnya Kamu Hitung

Kamu tinggal sesuaikan di daerahmu lebih banyak menyukai apa dan beraktifitas seperti apa. Hal itu bisa kamu hubungkan dengan bisnis makananmu.

7. Copywriting Instagram Bisnis Martabak

Bisnis martabak menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Hal itu bisa lebih dimaksimalkan dengan copywriting yang baik pada followers di Instagram.

Maka brand Martabak Mertua sangat bisa kamu jadikan referensi untuk bisnis martabak di kotamu. Jangan jiplak sepenuhnya ya!

Contoh-copywriting-martabak-di-akun-Instagram

Dari gambar di atas kita tahu bahwa desain yang dibuat sudah menarik dan berpotensi meningkatkan algoritma. Tetapi desain yang menarik dan algoritma tinggi saja tidak cukup.

Baca Juga: Gimana sih Algoritma Instagram Bekerja? Begini Penjelasannya

Copywriting pada post Instagram tersebut memiliki poin yang bisa mengundang orang-orang untuk membeli.

Kalimat sugesti dan ajakan pada sebuah kaleng makanan menjadi hal yang unik dan menarik orang lain untuk membeli makanan di Martabak Mertua.

Selain itu kalimat tersebut diulang kembali pada caption post: “makan Martabak Mertua nih” setelah itu ditutup dengan kalimat “kapan mau order?”

Penutup

Pada akhirnya semua produk bisnis kuliner bisa dijual dengan copywriting yang tepat. Apalagi Instagram menjadi platform yang sangat bisa diandalkan.

Bagi Kamu yang punya bisnis makanan dan ingin meningkatkan performa penjualan, bisa dilakukan melalui strategi promosi dan upgrade opersional bisnis dengan bantuan aplikasi kasir gratis.

Untuk teknik marketing, Sasana Digilab menyediakan berbagai pelatihan yang cocok untuk meningkatkan bisnis UKM dan UMKM. Bahkan bisa juga belajar melalui kelas pelatihan Prakerja bagi Anda yang ingin mengembangkan karier dan mendapatkan sertifikat resmi.

Tunggu apa lagi? Waktu terus berputar dan bisnis orang lain terus berjalan. Ayo daftar kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.