Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

5 Cara Efektif Meningkatkan Penjualan Berbasis Online

I

Seiring berjalannya waktu, telah menjadi keharusan omzet sebuah bisnis meningkat secara eksponensial. Tapi, bagaimanakah caranya untuk meningkatkan omzet penjualan di bisnis online milikmu?

Sebelum masuk pada penjelasan mengenai cara untuk meningkatkan omset penjualan, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan penjualan berbasis online agar dapat memahami maksud dari penjelasan setelahnya.

Pengertian Penjualan Berbasis Online

Penjualan berbasis online di internet

Penjualan Berbasis Online adalah aktivitas transaksi yang terjadi antara si penjual dan si pembeli secara online, yang mana transaksi tersebut menggunakan perantara seperti website, media sosial, dan sebagainya yang dihubungkan dengan internet. 

Berbisnis dengan cara online memang menarik untuk dijalankan oleh para calon pebisnis karena dinilai tidak memakan banyak sumber daya dan tidak mengganggu aktivitas lainnya yang sedang dilakukan. 

Selain itu juga, tidak perlu melakukan stok barang dalam jumlah besar di awal, karena cukup dengan gadget yang kamu miliki sekarang, kamu sudah bisa mulai menjalankan sebuah bisnis berbasis online.

Baca Juga: Apa Itu Marketplace? Pengertian Lengkap, Jenis dan Contohnya

Lalu selanjutnya, apa saja sih cara-cara memaksimalkan penjualan berbasis online ini? Berikut 5 cara efektif dalam melakukannya!

1. Dorong Pelanggan untuk Melakukan Repeat Order

Mendapatkan pelanggan baru memang hal yang harus kamu pikirkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun, kamu juga tidak boleh mengabaikan cara untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. 

Dalam bisnis, rasa saling percaya antara pelanggan terhadap bisnis yang kamu jalankan merupakan hubungan yang harus tetap dijaga, karena mereka sudah menaruh kepercayaan penuh untuk melakukan transaksi di tokomu. 

Untuk mendorong pelanggan agar melakukan repeat order, caranya yaitu bisa dengan memberikan berbagai promo pada produk setelah melakukan pembelian pertamanya. Contohnya, dengan memberikan kode promo untuk digunakan pada transaksi berikutnya. 

Hal tersebut cukup efektif bagi peningkatan angka penjualan produk di tokomu dan bisa mendorong bisnismu semakin luas dikarenakan menarik perhatian para pelanggan baru sekaligus pelanggan lama.

2. Berikan Promo Spesial

Cara ini sedikit sudah dijelaskan sebagai bahan contoh cara di atas. Promo produk yang diberikan kepada pelanggan melalui sebuah kupon dan diskon salah satu cara alternatif untuk mendorong pelanggan kamu berbelanja. 

Biasanya para pelanggan akan tergiur untuk melakukan pembelian karena kupon yang sudah diberikan kepada mereka. Ditambah dengan pemberian batas waktu kupon yang kamu berikan kepada mereka, sehingga nantinya mereka tidak ingin kehilangan kesempatan tersebut.

Baca Juga: Ini 7 Cara Menawarkan Produk untuk Tingkatkan Penjualan

3. Buat Deskripsi Produk Lebih Menarik

Membuat sebuah deskripsi produk perlu kamu tuliskan semenarik mungkin agar pelanggan memiliki rasa penasaran untuk membaca. Hal itu dilakukan agar informasi yang ingin kamu sampaikan dapat diterima dengan baik oleh mereka.

Dalam menuliskan sebuah deskripsi produk, menarik saja tidaklah cukup bagi para pelanggan, namun penggunaan bahasa haruslah sederhana, mudah dipahami, dan juga jelas agar dapat dimengerti dengan baik. 

Tidak hanya dapat dimengerti dengan baik, tapi jangan sampai membuat mereka bosan untuk membaca tulisanmu, karena kebanyakan dari mereka membacanya secara sekilas.

Lihat Juga: Copywriting: Teknik Cerdas Merangkai Kalimat Promosi

4. Gunakan Foto Asli Produk

Pelanggan tertarik berbelanja online karena mereka melihat adanya foto produk yang menarik bagi mereka, entah itu dari gambarnya yang memang bagus, atau memang karena kebutuhan. 

Foto produk menjadi salah satu hal yang mampu membuat para pelanggan terpikat dengan apa yang kamu tawarkan. Penggunaan foto asli produk mampu memberikan citra nilai dari produk tersebut kepada pelanggan. 

Usahakan kamu menghasilkan dan menggunakan foto-foto terbaik dengan melakukan sedikit editan pada foto produk, namun tidak meninggalkan kesan palsu kepada pelanggan yang melihatnya.

Lihat Juga: Foto Produk Profesional dengan Mudah Cukup Modal HP Saja

5. Gunakan Media Sosial sebagai Media Promosi 

Media sosial tentunya menjadi hal yang utama yang harus kamu pelajari agar bisa digunakan untuk melakukan penjualan berbasis online. Media sosial yang cukup mudah untuk bisa kamu gunakan seperti di bawah ini:

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. WhatsApp Business
  4. TikTok
  5. Twitter

Kamu bisa menggunakan kelima media sosial di atas untuk menjalan bisnis secara online. Kamu bisa menggunakan salah satu atau beberapa diantaranya sekaligus agar produkmu bisa tersebar luas dengan cepat ke pelanggan-pelanggan yang kamu target.

Walaupun kamu menggunakan media platform yang lain sebagai media jualan produk, akan tetapi jangan sampai tidak menggunakan sosial media di atas karena memanfaat untuk perkembangan bisnis online kamu.

Lihat Juga: Instagram Marketing: Strategi Jitu Promosi Melalui Instagram

Manfaat Menjalankan Bisnis Berbasis Online

Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang, banyak orang yang memanfaatkannya untuk menjalankan bisnis online. Dengan cara tersebut, kamu bisa menjangkau penjualan produk ke berbagai daerah yang ada di Indonesia bahkan ke mancanegara. 

Adanya teknologi seperti sekarang, tentunya menjadikan berbagai hal pekerjaan semakin mudah dan praktis sekaligus mendatangkan berbagai manfaat.

Di bawah ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila menjalankan bisnis secara online:

• Modal Relatif Lebih Rendah 

Bisnis online mampu meminimalisir modal yang digunakan dalam memulai bisnis. Selain alat operasional dan juga barang yang dipersiapkan tidak begitu banyak, kamu juga tidak perlu repot membuka toko. 

Dengan tidak membuka toko sebagai bangunan fisik, kamu juga tidak perlu menyiapkan berbagai ornamen hiasan ruangan untuk membuat pelanggan tertarik berkunjung, karena hal itu yang memakan banyak modal. 

Sehingga pengeluaran dari modal kamu pun tidak sebanyak saat kamu melakukan bisnis secara offline. Selain itu juga, proses dalam menjalankan bisnis jauh lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.

Informasi Cepat diterima Konsumen 

Saat kamu ingin melakukan promosi, kamu tidak perlu memakan waktu lama untuk menyebarkan luaskan informasi yang ingin dibagikan kepada banyak pelanggan.

Keluaran produk terbaru dari bisnis kamu pun juga bisa cepat kamu informasikan kepada pelanggan sehingga tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mendatangkan pelanggan ke toko.

Jangkauan Bisnis Lebih Luas 

Sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan berbisnis secara online, informasi apapun mudah dibagikan dan cepat tersebar luas di berbagai kalangan calon pelanggan. 

Dengan begitu, selain cepat mendatangkan pelanggan, jangkauan bisnis kamu semakin luas karena tidak terbatas oleh ruang dan waktu seperti halnya bisnis offline.

Baca Juga: Digital Marketing Campaign: Strategi Efektif dalam Pemasaran

Citra Bisnis Menjadi Lebih Baik

Dikarenakan bisnis online tidak membutuhkan toko fisik untuk mengenalkan bisnismu kepada para pelanggan, nyatanya kamu masih tetap bisa loh menciptakan citra brand yang baik dan mudah diingat.

Hal ini dikarenakan semakin meningkatkan penggunaan internet terutama media sosial sehingga kamu hanya perlu mengoptimalkan usahamu di sana.

Sistem Pembayaran Praktis

Sistem pembayaran yang praktis juga memudahkan para pelanggan dalam berbelanja. Dalam hal berbisnis online, tentunya metode yang dipakai juga menggunakan media transfer antar pengguna.

Hal tersebut akan membantu kamu dalam melakukan pembukuan penjualan dan tidak lagi membutuhkan perlatan seperti nota dan lain-lain karena sudah tercatat dalam setiap transaksi yang dilakukan pelanggan.

Baca Juga: Baru Mulai Bisnis? Ini Dia 7 Manfaat dari Pemasaran Online

Penutup

Demikian penjelasan terkait penjualan berbasis online yang bisa dipahami agar membantumu dalam merencanakan bisnis yang ingin kamu bangun.

Beberapa penjelasan terkait cara dan manfaat adanya bisnis berbasis online ini juga bisa kamu dapatkan jika dilakukan sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan. Semoga ini dapat membantumu dalam menjalankan bisnis online.

Bagi kamu yang ingin/telah memiliki toko online di marketplace, namun masih belum bisa mendatangkan banyak penjualan, sekaranglah waktunya mempelajari 2 marketplace terpopuler di Indonesia!

Kursus online ini akan membahas secara lengkap hal-hal yang wajib kamu persiapkan, hingga praktik mendatangkan penjualan berkali-kali lipat. Yuk, segera daftar di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.