Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

3 Cara Mudah Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

I

Seorang pelaku bisnis pasti ingin bisnisnya diketahui oleh banyak pengguna di internet. Salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan alamat bisnis atau tokonya di Google Maps.

Hal ini bertujuan agar ketika orang-orang mencari lokasi mengenai suatu hal di internet dan relevan dengan apa yang bisnismu tawarkan, mereka dapat mengetahui profil bahkan langsung mengunjungi lokasi tokonya langsung.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan alamat bisnismu di Google Maps. Tapi bagaimana sih caranya? Apakah sulit dan butuh waktu lama?

Sederhananya, kamu hanya perlu menerapkan salah satu dari ketiga cara di bawah ini apabila ingin menambahkan lokasi bisnis di Google Maps dengan mudah. Berikut penjelasan mengenai ketika cara tersebut!

Cara 1: Menggunakan Google Bisnisku (Google MyBusiness)

Google Bisnisku (Google MyBusiness) merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google dalam berbisnis yang dapat memudahkan para pelaku usaha maupun calon konsumen menemukan lokasi dan informasi tentang bisnismu.

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah dengan mendaftar di website Google Bisnisku: www.google.com/business/.

Kedua, kamu bisa memasukkan nama brand dan berbagai informasi lain yang dibutuhkan. Pada langkah ini, akan ada kolom kosong yang bisa kamu isi dengan nama bisnismu.

Ketiga, silahkan tentukan apa kategori bisnismu. Langkah yang satu ini opsional dan kamu bisa mengetik kategori bisnis setelah akun terdaftar di google bisnisku.

Keempat, kamu akan dinyatakan memiliki lokasi bisnis dengan memilih opsi Ya.

Kelima, kamu harus mengetikkan alamat bisnis dengan lengkap mulai dari desa, kecamatan, kota, provinsi, dan juga kode pos.

Keenam, kamu bisa menandai lokasi bisnis di Google Maps, lalu klik berikutnya.

Ketujuh, kamu harus memilih menyediakan layanan antar ataupun tidak.

Kedelapan, kamu harus menentukan informasi yang akan ditampilkan dengan mencantumkan kontak atau website bisnis.

Kesembilan, kamu bisa memilih untuk menerima newsletter dari Google Bisnisku (Google MyBusiness) atau tidak.

Kesepuluh sekaligus terakhir, kamu bisa melakukan verifikasi bisnis.

Baca Juga: Cara Mudah Verifikasi Google Bisnisku di Tahun 2022

Cara 2: Mendaftar Secara Langsung Menggunakan Google Maps

Cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps yang selanjutnya adalah mendaftarkan lokasi secara langsung dengan melalui beberapa langkah berikut ini:

Pertama, kamu harus mengakses menu di Google Maps. Kemudian, kamu akan menemukan tombol dengan simbol berupa tiga garis yang berada di pojok kiri atas. Lalu, kamu bisa mengklik tombol tersebut supaya berbagai menu tersebut bisa tampil untuk kamu pilih.

Kedua, kamu klik pilihan Tambahkan Bisnis Anda (Add Your Business) untuk mendaftarkan lokasi bisnis. Kemudian, kamu hanya perlu memasukkan informasi mengenai brand bisnismu supaya konsumen bisa menghubungi ketika ada keperluan.

Cara 3: Mengklaim Lokasi Bisnis Menggunakan Google Maps

Cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps yang berikutnya adalah dengan mengklaim lokasi bisnis menggunakan Google Maps. Cara yang satu ini bisa kamu pilih ketika bisnismu sudah didaftarkan oleh pihak yang tidak dikenal sebelumnya.

Hal tersebut maksudnya sudah ada duplikasi lokasi bisnis, maka Google akan memberikan fasilitas masalah tersebut dengan cara kamu klaim bisnis. Kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

Pertama, temukan lokasi bisnismu di mesin pencarian Google. Selanjutnya kamu klik tombol Pemilik Bisnis Ini.

Kedua, lakukan verifikasi klaim lokasi tersebut supaya beralih menjadi lokasi bisnismu.

Baca Juga: SEO Friendly: Pengertian Beserta 9 Tips Membuat Tulisan SEO

Kenapa Harus Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps?

Dikutip dari laman Google, kamu harus memasukkan alamat bisnis yang dapat ditemukan oleh Google dengan memastikan bahwa alamatmu mengikuti panduan alamat.

Panduan tersebut antara lain kamu memastikan bahwa alamat jalan sudah lengkap. Selain itu, kamu harus menyertakan nomor bangunan, lantai, nomor suite, dan berbagai informasi unit yang lain.

Selanjutnya kamu hanya boleh menyertakan informasi yang berkaitan dengan alamat bisnis saja. Nah, apabila sistem tidak bisa menemukan alamat bisnismu dengan benar, maka kamu bisa memasang pin langsung pada profil bisnis di Google Maps.

Banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan cara menambahkan lokasi bisnis di google maps. Apa saja sih keuntungannya? Ini penjelasan mengenai keuntungan menambahkan lokasi bisnis di Google Maps.

• Konsumen Lebih Mudah Menemukan Lokasi Bisnismu

Pada saat ini, masyarakat Indonesia sangat mengandalkan google maps untuk dijadikan sebagai penunjuk arah. Bahkan angkanya mencapai lebih dari setengah penduduk di Indonesia yang menggunakan google maps.

Kamu mungkin bisa membayangkan ketika konsumen ingin menuju ke lokasi bisnismu, namun tidak menemukannya di google Maps. Hal tersebut akan membuatmu merasa kesulitan, bukan? Oleh karena itu, kamu sebaiknya harus menambahkannya.

Dengan menggunakan berbagai pilihan fitur untuk rute menggunakan beberapa transportasi, mulai dari jalan kaki, sepeda motor, bus, dan kereta, konsumen akan lebih mudah menemukan lokasi bisnismu.

• Menambahkan Titik Lokasi yang Akurat untuk Konsumen

Selain penggunaan Google Maps yang mudah, aplikasi ini juga akan memberikan petunjuk lokasi yang akurat. Hal ini karena ada fitur Google Street View.

Google Street View merupakan fitur penunjuk arah yang bisa kamu gunakan untuk melihat gambar secara 360 derajat.

Nah, penggunaan fitur ini bisa membuat konsumen melihat detail lokasi mulai dari gang hingga bangunan-bangunan yang ada di sekitar lokasi bisnismu.

Sehingga konsumen bisnismu akan lebih yakin dengan keberadaan toko offline bisnismu memang benar ada dan bisa dijangkau dengan mudah.

• Memperoleh Fitur Google Bisnisku (Google MyBusiness)

Di dalam Google Maps, terdapat fitur Google Bisnisku (Google MyBusiness) yang bisa kamu isi dengan informasi mengenai bisnis di bagian kanan layar pencarian.

Dengan cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps, maka kamu sebagai pemilik bisnis akan memperoleh fitur tersebut yang secara tak langsung bisa mempromosikan brand bisnismu.

Akan tetapi, di tahun 2022 ini Google tidak lagi menggunakannya dan dialihkan langsung ke halaman pencarian Google atau Google Maps ketika kamu mau mengelolanya.

Baca Juga: 5+ Manfaat Ikut Pelatihan Bisnis UMKM, Sayang Dilewatkan!

Penutup

Itu tadi penjelasan mengenai 3 cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps. Google telah memberikan beberapa alternatif yang bisa kamu pilih salah satunya untuk bisa mendaftarkan lokasi tokomu, selanjutnya kamu hanya perlu tahu tentang bagaimana cara-cara mengoptimasi di hasil pencarian.

Nah selain itu, bagi kamu yang masih bingung bagaimana caranya memahami konsep dasar digital marketing secara menyeluruh, kursus online ini adalah solusi yang tepat buat kamu!

Kursus online ini akan membahas hal-hal fundamental yang wajib diketahui, hingga strategi awal untuk segera mulai menyusun strategi digital marketing. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.