Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

5 Cara Endorse Makanan ke Selebgram, Mau Tahu Rahasianya?

I

Apakah kamu mengelola bisnis makanan? Lalu kamu mencoba endorse makanan ke selebgram? Sebelum itu, baca tulisan ini ya agar endorsement semakin sukses!

Menggunakan strategi digital marketing yang tepat membuat bisnis makananmu akan mendapatkan traffic yang lebih baik, mendapatkan leads yang lebih banyak, hingga meningkatkan pendapatan bisnis kamu.

Lalu, bagaimana membuat strategi digital marketing untuk perusahaan makanan? Salah satunya kamu bisa melakukan endorse makanan.

Strategi endorsement atau sering disebut dengan nama influencer marketing merupakan hal yang harus kamu lakukan di dunia digital. Banyak sekali pembeli yang lebih tertarik membeli barang jika barang tersebut digunakan oleh idola mereka.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar banyak soal strategi endorse makanan yang tepat di media sosial. Yuk, simak informasinya sampai habis!

Apa Itu Endorsement?

Dalam dunia digital marketing, endorsement berarti memasarkan produk atau jasa kamu melalui selebgram, tokoh terkenal, ataupun selebriti yang memiliki pengaruh di media sosial.

Di jaman yang serba digital ini, seorang selebgram dihitung dari seberapa banyak pengikutnya di media sosial. Selain itu, jumlah pengikut ini juga akan berbanding lurus dengan jumlah tarif yang mereka tawarkan untuk endorsement.

Dengan produk atau jasa kita dipasarkan oleh selebgram, diharapkan orang akan lebih mengetahui brand kita. Selain itu, dalam tujuan yang lebih besar, endorsement diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

Endorsement adalah jalan yang memudahkan pengguna (khususnya media sosial) untuk menemukan konten berkualitas yang mereka butuhkan.

Microsoft

Kenapa Endorsement Itu Penting?

Pengikut di media sosial cenderung akan mengikuti sikap hingga perilaku orang atau tokoh yang diikutinya. Oleh karena itu, peluang produk kamu akan dikenal dan dibeli oleh pengikut selebgram semakin besar.

Lalu, bagaimana praktiknya? Jika kamu adalah seorang pebisnis makanan, tentu kamu bisa menggunakan food vlogger ataupun food enthusiast di Instagram yang punya pengikut banyak untuk memasarkan produkmu.

Sebelum melakukan endorsement makanan pada selebgram, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Apa saja? Yuk simak 5 tips rahasianya!

1. Tentukan Tujuan Serta Target Audiens Kamu

Strategi endorsement makanan tanpa tujuan yang jelas serta audiens yang spesifik akan berjalan dengan sulit. Kamu harus punya ide yang jelas serta siapa yang akan kamu capai dalam iklan kamu terlebih dahulu.

Tentukan Tujuan

Ada banyak sekali tujuan yang bisa kamu capai dalam endorsement makanan. Mulai dari meningkatkan brand awareness, mendapatkan reach dan engagement, hingga menghasilkan pendapatan dan leads. Dengan membuat tujuan terlebih dahulu, nantinya kamu bisa mengukur performa sebuah iklan.

Baca Juga: 5 Cara Iklan di Facebook Biar Bisnismu Semakin di Depan

Misal, jika tujuan kamu dalam endorse makanan adalah meningkatkan brand awareness, reach ataupun engagement, maka kamu harus mengukur matriks seperti impression, likes, comment, hingga shares.

Sedangkan, jika tujuan kamu adalah mendapatkan lead, maka kamu bisa meminta selebgram untuk membagikan link yang menuju kepada produk kamu. Berdasarkan jumlah leads yang didapat dari link yang dibagikan oleh selebgram tadi, kamu bisa mengetahui berapa cost per lead serta ROI.

Tentukan Target Audience

Pria makan satu porsi makanan

Selain menentukan tujuan, kamu juga harus menentukan target audience dari brand kamu. Melakukan endorsement akan jauh lebih mudah jika kamu sudah tahu siapa target audiens yang ingin kamu tuju.

Untuk .menentukan target audience, ada banyak sekali faktor yang harus kamu perhatikan. Mulai dari usia, demografik, interest, lokasi, dan lain-lain.

2. Lakukan Riset Mendalam untuk Memilih Selebgram

Sebelum melakukan endorsement makanan, lakukanlah riset mendalam terhadap selebgram yang akan kamu ajak kerja sama.

Meski jumlah followers adalah faktor yang penting, namun jangan mengandalkan hal ini saja. Bisa saja followers yang banyak tersebut merupakan hasil beli.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, kamu perlu menghitung engagement rate dari tiap selebgram. Kamu juga bisa menggunakan rumus 3R (Relevance, Reach, Resonance) untuk memilih selebgram.

Kamu bisa memakai KOL management agar selebgram yang dipilih lebih sesuai dan terpercaya.

Baca Juga: KOL adalah Key Opinion Leader, Yuk Ambil Manfaatnya!

Relevansi

Selebgram makan ayam enak sekali

Pilihlah selebgram yang membagikan konten yang relevan dengan bisnis kamu.  Mereka juga harus memiliki audiens yang selaras dengan audiens kamu. Sebab kamu ingin melakukan endorse makanan, maka carilah influencer atau selebgram yang berkecimpung di dunia makanan.

Jika makanan yang kamu sajikan lebih spesifik, seperti makanan Korea maka kamu bisa mencari selebgram yang memiliki konten-konten terkait hal ini.

Reach

Reach adalah potensi audiens yang bisa kamu dapatkan dari basis followers selebgram. Meski semakin besar reach berarti semakin baik, namun jangan terpaku dengan hal ini.

Pasalnya, meski reach sedikit tetapi mendapat audiens yang tepat maka memberikan kamu keuntungan.

Resonance

Resonance adalah tingkat potensi engagement  yang dapat dibuat oleh selebgram dengan audiens yang relevan dengan brand kamu.

Sebab engagement sangat penting dalam digital marekting sebuah brand. Sesuai dengan zaman seperti saat ini.

Baca Juga: Belajar Digital Marketing di Prakerja

3. Hubungi Selebgram Secara Personal

Mulai hubungan kamu dengan selebgram yang kamu ingin ajak kerja sama dengan berinteraksi dengan konten mereka terlebih dahulu. Kamu bisa menyukai konten-konten mereka, ataupun memberikan komentar.

Setelah kamu siap memulai kerja sama, mulailah untuk mengirim pesan pribadi kepada mereka. Selain DM, kamu juga bisa mengirim pesan melalui email mereka.

Lalu, apa isi pesan yang harus disampaikan? Berikan mereka informasi soal brand kamu sedetail mungkin. Selain itu, ceritakan kepada mereka tentang apa yang ingin kamu capai dari iklan endorsement makanan nanti.

Baca Juga: Memahami Brand Identity serta 4 Manfaatnya bagi Bisnis

4. Berkolaborasi dengan Selebgram untuk Membuat Konten yang Efektif

Berkolaborasilah dengan selebgram tentang seperti apa konten endorsement makanan yang ingin kamu iklankan. Meski biasanya selebgram sudah punya ide sendiri, namun ada baiknya kamu memberikan brief kepada mereka.

Hal ini untuk membuat iklan kamu lebih efektif secara kreatif.

5. Ukur Efektivitas dari Endorse Makanan

Ketika kamu melakukan endorse makanan, mungkin kamu akan fokus pada metrisk seperti likes dan komentar. Namun jangan hanya mengandalkan metriks ini saja.

Saat melakukan influencer marketing (endorse), kamu pun harus memahami ROI dari endorse tersebut.  Hal ini untuk mengukur efektivitas dari sebuah endorse yang kamu jalankan.

Baca Juga: Arti Influencer dan Manfaatnya dalam Mempromosikan Bisnismu

Penutup

Pada akhirnya endorse makanan menjadi andalan dalam meningkatkan nilai bisnis milikmu. Awareness semakin bertambah dari audiens pada akun brand milikmu.

Jangan lupa untuk tetap mengasah ilmu Instagram marketingmu agar semakin maksimal. Sebab endorsement sangat berkaitan erat dengan Instagram dan platform media sosial lainnya.

Ada kursus yang membuat dirimu semakin pandai menggunakan Instagram marketing untuk bisnis. Kursus ini membuatmu bisa mengaplikasikan fondasi utama promosi, copywriting, content marketing plan, hingga audit media sosial. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera daftar kursusnya!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.