Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

5 Cara Berjualan di Tokopedia yang Praktis dan Efektif

I

Tokopedia merupakan perusahaan marketplace yang menyediakan platform bertemunya penjual dan pembeli, di mana pembeli bisa melihat produk apa saja yang dijual, lalu perusahaan marketplace mengambil keuntungan melalui komisi dari setiap penjualan.

Untuk bisa berjualan di Tokopedia, tentunya perlu mempunyai akun toko online di Tokopedia agar kamu bisa menampilkan produk yang akan kamu tawarkan. 

Gimana sih caranya buat toko online di tokopedia? Penasaran? Simak pembahasan berikut ini, ya!

Cara Buka Toko untuk Berjualan di Tokopedia

Kini, buka toko di Tokopedia makin mudah. Ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini.

1. Buka Aplikasi Tokopedia

Jika kamu telah mempunyai akun, klik Menu Utama, Lalu klik Mau mulai berbisnis? Buka Toko Gratis.

menu utama setelah membuka toko untuk berjualan di tokopedia

2. Klik Buka Toko Gratis

Kamu akan diarahkan ke halaman buka toko, lalu klik Buka Toko Gratis.

klik buka toko gratis untuk berjualan di tokopedia

Baca Juga: Banjir Orderan dari 7 Produk Terlaris di Tokopedia Tahun 2021

3. Lengkapi Informasi Toko

Tulis nama tokomu. Nama toko tidak bisa diubah ya. Pastikan kamu sudah menyiapkan nama toko yang sesuai. Setelah isi nama tokomu, isi domain toko. Domain toko ini nantinya akan berfungsi sebagai link tokomu di Tokopedia.

masukkan nama toko dan nama domain untuk berjualan di tokopedia

Masukkan alamat toko yang benar dan lengkap. Alamat ini akan digunakan oleh kurir untuk mengambil barang dari tokomu. Lengkapi nama jalan, nomor bangunan, nomor RT dan RW, kecamatan, hingga kode pos. Klik ‘Simpan’.

4. Tambahkan Gambar Produk

Lalu tambah produk agar tokomu cepat dapat pesanan. Jika dalam 90 hari kamu tidak tambah produk, tokomu akan dihapus secara permanen. Untuk itu, yuk segera tambah produk di tokomu. 

tampilan toko kamu di aplikasi tokopedia

Apabila tokomu dihapus secara permanen, kamu tetap bisa membuat toko baru bahkan menggunakan nama dan domain toko yang sama, asalkan nama dan domain tokomu belum digunakan toko lain. 

5 Cara Berjualan di Tokopedia yang Praktis dan Efektif

a. Gunakan Foto & Video Produk Terbaik

Mengunggah foto produk adalah hal yang paling penting ketika kamu ingin berjualan di Tokopedia, pastikan foto produk yang akan kamu unggah memiliki kualitas terbaik sehingga dapat menarik perhatian customer. 

Kamu juga perlu menambahkan deskripsi produk mulai dari harga, jenis/kategori, merek, dan ketengangan lainnya. 

Baca Juga: Cara Riset Produk Terlaris Paling Efektif di Marketplace

b. Aktifkan Layanan Logistik

Jasa logistik adalah perusahaan yang menyediakan jasa kirim barang, gudang, manajemen, hingga transportasi. Tokopedia telah menyediakan beberapa layanan untuk pengiriman pesanan yaitu dengan Layanan Pengiriman Reguler dan Sistem Pick Up. 

Layanan pengiriman konvensional diantaranya seperti JNE, Tiki, J&T Express, dan SiCepat. Untuk layanan pengiriman sistem Pick Up, kamu dapat menggunakan jasa GoSend, Grab Express, Ninja Express, dan AnterAja. 

Layanan ini bertujuan untuk mempermudah kamu selaku seller dan para customer.

c. Tingkatkan Skor Performa Toko

Kelola toko dengan baik, hal tersebut akan memberikan dampak positif terhadap bisnismu. Kamu akan mendapatkan performa yang tinggi. Ketika toko kamu dikelola dengan baik, skor performa toko juga akan meningkat. 

Skor tersebut merupakan nilai atas pelayanan yang kamu berikan. Jadi pastikan berikan layanan terbaik, misalnya merespons pertanyaan calon pembeli atau layanan lain yang bisa meningkatkan performa toko.

d. Buat Strategi Marketing

Tips berjualan di Tokopedia selanjutnya yaitu dengan menerapkan strategi marketing yang tepat. Ada beberapa strategi marketing yang bisa diterapkan, di antaranya: 

  • Share Toko di Media Sosial
    Dengan membagikan toko di media sosial, maka toko kamu bisa lebih dikenal dan mempermudah customer ketika hendak membeli produk di tokomu. 
  • Membuat Voucher Diskon Toko
    Promosi ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur voucher toko. Sebagai pemilik toko, kamu bisa menentukan periode, budget, dan jenis promo yang akan diberikan. 
  • Memanfaatkan Affiliate Marketing
    Cara ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan di toko melalui promosi yang dilakukan oleh para mitra affiliate.

e. Proses Orderan dengan Cepat

Cara jualan di Tokopedia lainnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu memproses pesanan. Tokopedia memberikan berbagai fitur untuk mempermudah para merchant dalam memproses pesanan. 

Sebagai penjual, kamu bisa memproses pesanan melalui Tokopedia Seller. Ada beberapa keunggulan dari aplikasi tersebut. 

Tampilan yang lengkap dan jelas. Menghadirkan filter pesanan sesuai kebutuhan. Misalnya filter urutan pesanan, status pesanan, hingga tipe pesanan atau jenis kurir. 

Dapat menerima pesanan dan mencetak resi sekaligus. Bisa menggunakan layanan pick up untuk beberapa pesanan sekaligus.

Bagaimana Cara Upload Produk di Tokopedia?

Apabila kamu bingung bagaimana cara upload produk di Tokopedia, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke halaman Tokopedia dan masuk ke akun tokomu
  2. Pilih tambah produk & Upload foto produk
  3. Masukkan nama dan kategori produk & Tuliskan deskripsi produk

Agar perjalananmu sebagai Seller lancar, pastikan kamu segera menambah produk ke tokomu ya!

Panduan Menerima Orderan Masuk

Setelah meng-upload produk, kini Anda tinggal menunggu pesanan masuk dari pembeli. Jika sudah ada pesanan yang masuk, berikut cara untuk memproses pesanan tersebut.

  1. Kamu akan merima notifikasi pesanan baru
  2. Tentukan untuk menerima atau menolak pesanan tersebut
  3. Apabila kamu ingin menolak pesanan, klik tombol ‘…’ lalu pilih Tolak Pesanan. Namun, apabila kamu ingin menerima pesanan tersebut, klik Terima Pesanan
  4. Lakukan konfirmasi pengiriman pesanan dengan mengisi Nomor Resi Pengiriman
  5. Klik Konfirmasi Pesanan
  6. Pantau status pengiriman pesananmu
  7. Setelah pembeli melakukan konfirmasi penerimaan, dana akan masuk ke saldo Tokopedia akunmu.

Baca Juga: Mau Jadi Reseller Tokopedia? Simak Cara dan Tips Suksesnya!

Manfaatkan Berbagai Macam Fitur Seller Tokopedia

• Cari Informasi di Kolom Pencarian

Punya banyak pertanyaan tapi bingung di mana cari jawabannya? Nggak perlu khawatir, kini kamu bisa cari informasi apa pun seputar Tokopedia, penjualan, dan fitur-fiturnya di aplikasi Tokopedia Seller. 

Cukup masuk ke Home, klik ikon kaca pembesar, lalu ketik apa pun yang ingin kamu cari tahu. Misalnya:

  • Butuh info detail order? Kamu bisa ketik nama pembeli, nama produk, nomor invoice, atau nomor resi di Kolom Pencarian
  • Mau ke halaman produk? Ketik aja nama produknya
  • Mau cari tau soal fitur baru di Tokopedia? Cus, ketik nama fiturnya (contoh: Dekorasi Toko)
  • Pengen baca info lengkap soal suatu hal? Ketik pertanyaan yang kamu punya (contoh: Apa itu Saldo Prioritas?)

Nantinya, Kolom Pencarian akan mengarahkanmu ke hasil yang paling tepat. Mudah, bukan?

Buat Voucher Toko di Aplikasi Tokopedia Seller

Voucher Toko adalah sebuah fitur gratis dari Tokopedia di mana Seller dapat membuat promonya sendiri. Jadi, kamu bebas menentukan periode promo, budget promo, dan jenis promo yang kamu inginkan.

Di aplikasi Tokopedia Seller, kamu dapat membuat Voucher Cashback dengan mudah dan cepat. Voucher Cashback memungkinkan pembeli mendapatkan pengembalian dana langsung yang akan mengurangi jumlah uang yang diterima penjual dengan nominal yang sama. 

Cocok buat kamu yang ingin mendapatkan pelanggan lebih banyak, namun tetap mempertahankan brand image toko dan juga harga.

Pantau Rating Produk dengan Mudah

Rating Produk sangat penting dipantau untuk menjaga reputasi atau nama baik tokomu karena Rating Produk dapat mempengaruhi minat pembeli untuk berbelanja di tokomu. 

Kamu perlu memantau dan membalas rating dan ulasan dari pembelimu. Kini Tokopedia sudah membuat tampilan rating produk yang mudah digunakan olehmu dengan aplikasi Tokopedia Seller. 

Penutup

Saat ini marketplace sedang menjadi jualan online paling laris belakangan ini. Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi membangun kebiasaan belanja yang baru, yakni belanja online. 

Budaya belanja online ini makin berkembang pesat, ditambah dengan koneksi Internet yang tanpa batas. Belanja pun menjadi lebih mudah ditambah dengan harga yang terjangkau yang semakin menarik perhatian, khususnya pada anak muda.

Inilah peluang bagi kamu untuk membuat toko online agar membantu bisnismu mendapatkan peningkatan dalam penjualan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, raih mimpimu sekarang dengan buka toko di Tokopedia!

Bagi kamu yang ingin/telah memiliki toko online di marketplace, namun masih belum bisa mendatangkan banyak penjualan, sekaranglah waktunya mempelajari 2 marketplace terpopuler di Indonesia!

Kursus online ini akan membahas secara lengkap hal-hal yang wajib kamu persiapkan, hingga praktik mendatangkan penjualan berkali-kali lipat. Yuk, segera daftar di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.