Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

Apa Itu Endorse dalam Marketing? Ini Penjelasan Lengkapnya!

I

Memasuki zaman digital seperti sekarang ini, teknik endorse merupakan salah satu strategi promosi yang akan sering kamu temui. Bahkan hampir seluruh artis, influencer, akun publik, dan juga selebgram melakukannya di media sosial

Sebagai pelaku bisnis digital, kamu harus paham betul apa itu endorse beserta strateginya. Hal ini dikarenakan endorse merupakan bentuk pemasaran yang cenderung dipercaya oleh audiens karena menggunakan pengaruh dari si influencer.

Mari simak pembahasan di bawah ini mengenai apa itu endorse sampai akhir ya!

Apa Itu Endorse?

Apa-itu-endorsement

Pada dasarnya, arti Endorsement atau Endorse adalah pernyataan publik yang dibuat tentang persetujuan atau dukungan. Sedangkan dalam konteks bisnis, Endorse adalah pernyataan tersebut dibuat oleh seorang tokoh seperti selebriti, influencer, tokoh, dan semacamnya mengenai brand ataupun produknya.

Dikutip dari laman India Times, promosi menggunakan strategi endorse ini akan menghubungkan ke lebih banyak orang daripada iklan biasa, karena biasanya audiens akan memperhatikan apa yang panutan mereka promosikan.

Teknik promosi berbayar semacam itu bekerja dengan cukup powerful karena dapat memberikan citra serta kesan yang baik terhadap brand yang dipromosikan oleh si influencer.

Strategi endorse ini dapat bertahan cukup lama, contohnya adalah produk Lux yang didukung oleh selebriti terkenal, sehingga sangat membantu dalam menjaga Lux menjadi brand yang tetap relevan dan menarik bagi konsumen.

Biasanya, semakin terkenal si influencer tersebut, maka akan semakin mahal pula lah biaya untuk jasa endorse yang mereka tawarkan.

Hasil endorse ini sangat berpengaruh tidak hanya terhadap angka penjualan, namun juga terhadap popularitas brand yang dipromosikan. Karena teknik ini bersifat rekomendasi dari seorang tokoh terhadap suatu bisnis.

Tingkat keberhasilan dari strategi endorse jauh lebih baik jika dibandingkan dengan promosi tradisional seperti membagikan selebaran, memasang flyer, dan sebagainya.

Dilihat dari praktiknya, jenis endorse yang biasa dilakukan adalah influencer bisa saja menjadi brand ambassador suatu brand, atau influencer yang tidak terikat sama sekali pada brand yang mereka promosikan.

Kedua jenis tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa menggunakan jasa endorse sesuai dengan budget yang dimiliki oleh bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Paid Promote? Yuk Pahami Manfaat & Strateginya!

Tujuan Menjalankan Strategi Endorse

Setiap pelaku bisnis pasti memiliki tujuan tersendiri ketika melakukan promosi dengan strategi endorse. Nah, tujuan utama dari endorse bisa saja untuk meningkatkan angka penjualan produk bisnis atau meningkatkan brand awareness.

Manfaat lain yang bisa kamu peroleh dari teknik endorse ini yaitu pengenalan produk atau layanan kepada audiens yang lebih luas, kegiatan branding, hingga memperoleh kepercayaan dari calon konsumen karena memakai nama influencer yang bersangkutan.

Endorse tidak hanya dilakukan oleh bisnis yang sudah besar saja. Banyak juga pemilik bisnis kecil yang melakukan teknik endorse dalam rangka meningkatkan penjualan produknya.

Baca Juga: Perbedaan Paid Promote vs Endorse, Mana yang Lebih Efektif?

Jenis-jenis Strategi Endorse

Dalam menjalankan aktivitas promosi menggunakan teknik endorse, terdapat 2 jenis yang bisa kamu gunakan:

1. Endorse Berbayar (Paid Endorsement)

Arti endorse berbayar ini yaitu jenis endorse yang membutuhkan biaya serta kontrak eksklusif ketika akan membuat perjanjian kesepakatan dengan influencer.

Kontrak eksklusif tersebut di dalamnya berisi hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak. Dalam pelaksanaan endorse, influencer akan memperoleh bayaran sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Lalu, influencer akan dikirimkan produk untuk digunakan, atau menikmati jasa yang disediakan, dan mereka akan me-review nya. Nantinya brand bisa mendapatkan konten yang telah diposting di akun si influencer, atau juga aset mentahnya (Foto atau Video).

Terkadang produk yang di-endorse bisa menjadi milik si influencer, namun ada juga yang dikembalikan kepada brand. Semuanya balik lagi sesuai dengan kesepakatan awal yang telah dibuat sebelumnya.

2. Endorse Tidak Berbayar (Unpaid Endorsement)

Arti endorse tidak berbayar ini adalah merupakan jenis endorse yang dilakukan tanpa kamu harus membayarkan jasa pengiklanan kepada si influencer. Dalam praktiknya, brand akan mengirimkan beberapa sample produk yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Endorse tidak berbayar ini disebut juga sebagai iklan gratis atau promosi gratis, dan biasanya produk atau jasa yang di-endorse ini menjadi milik si influencer.

Dengan kata lain, brand cukup membayar dengan menggunakan produk atau jasa yang di-endorse, tanpa ada biaya lain.

Baca Juga: Key Message: Begini Cara Tepat dalam Membuatnya [+Contoh]

Manfaat Endorse bagi Bisnis

Setelah mengetahui arti endorse dan juga 2 jenis dari teknik endorse, melanjutkan kita akan membahas mengenai manfaat endorse.

• Membangun Brand Awareness

Manfaat dari endorse yang pertama adalah membangun brand awareness. Dengan kamu melakukan endorse maka produk atau jasa yang kamu tawarkan akan dikenal, dilihat, dan dicari oleh banyak orang.

Audiens pun lambat laun akan mengenal brand serta produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Membangun Kredibilitas Bisnis

Manfaat endorse yang kedua yaitu membangun kredibilitas, karena banyaknya audiens yang mempercayai influencer yang mempromosikan produk bisnismu.

Influencer tersebut akan melakukan review ksehingga dapat membangun kepercayaan mereka terhadap brand bisnis yang kamu jalankan.

Membuat Brand Menonjol

Manfaat endorse yang ketiga yaitu membuat brand lebih menonjol, karena influencer biasanya membandingkan produk dengan pesaingmu.

Karena itu, calon konsumen akan lebih mudah untuk mengingat kelebihan produk yang dipakai oleh influencer yang mereka jadikan sebagai panutan.

Menjangkau Target Konsumen yang Lebih Luas

Manfaat endorse yang keempat adalah menjangkau target konsumen yang lebih luas lagi. Dengan menggunakan jasa endorse, maka kesempatan untuk menjangkau pasar akan semakin terbuka lebih luas lagi.

Kamu bisa memilih influencer yang diinginkan, terutama yang memiliki banyak pengikut serta engagement rate-nya tinggi. Dengan begitu, brand bisnismu akan mengalami peningkatan angka penjualan yang signifikan.

Menjadi Pilihan Strategi Promosi Iklan yang Terjangkau

Manfaat endorse yang kelima adalah menjadi pilihan strategi promosi iklan yang terjangkau. Tidak semua endorse membutuhkan banyak biaya, terkadang endorse pun dapat dilakukan dengan biaya secukupnya.

Bagi orang yang sedang merintis karir menjadi influencer, biasanya mereka akan membuka jasa endorse dengan harga yang terjangkau, bahkan tidak jarang ada yang gratis untuk produk yang mereka sukai.

Baca Juga: Digital Marketing untuk UKM & UMKM dan Tips Memaksimalkannya

Penutup

Teknik endorse ini memang cukup sering dilakukan oleh banyak bisnis saat ini, terlebih dengan bantuan teknologi digital yang semakin canggih. Akan tetapi, kamu perlu mempertimbangkan apakah teknik ini sudah cocok diterapkan dengan kondisi bisnismu saat ini, mengingat biayanya yang juga tidak murah.

Nah, sejalan dengan endorse, bagi kamu yang ingin memaksimalkan kegiatan promosi melalui peran Instagram Marketing, kursus online dari Sasana Digital Lab berikut akan sangat cocok untukmu!

Di dalamnya akan membahas hal-hal mengenai fondasi utama dalam melakukan promosi, copywriting, content marketing plan, hingga audit media sosial. Tunggu apa lagi? Yuk segera daftar kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.