Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

Apa Itu Campaign? Aktivitas Kunci dalam Kesuksesan Bisnismu

I

Bagi banyak pebisnis, campaign adalah cara utama untuk terlibat dengan konsumen yang sudah ada dan mendapatkan konsumen baru. Campaign sering disebut di ranah pemasaran yang memiliki misi untuk mendorong penjualan.

Marketing juga bukan hanya sekedar iklan yang mencolok atau iklan lucu, namun tentang menetapkan tujuan dan mencapai hasil yang nyata, jika menyiapkannya dengan baik kamu bisa mendapatkan indikator terukur dari hasil tersebut.

Nah apakah kamu penasaran dengan informasi marketing campaign? Yuk cari tahu informasi lebih lengkap tentang marketing campaign yang akan Sasana Digital bahas kali ini.

Apa Itu Campaign?

Apa itu campaign dalam bisnis?

Campaign atau Kampanye adalah suatu aktivitas yang terorganisir, terencana, dan sengaja dibuat untuk mencapai tujuan tertentu dalam bisnis. Dengan demikian, tim marketing mampu menggencarkan strateginya dalam menggaet banyak konsumen.

Salah satunya seperti memperkenalkan atau mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen, dengan berbagai media mulai dari internet, koran, radio, bahkan bentuk iklan billboard di jalan.

Karenanya, dibutuhkan perencanaan serta proses eksekusi yang matang agar suatu campaign bisa berjalan maksimal dan meraih perhatian dari konsumen biasanya hal disebut sebagai AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action).

Dimana tujuannya tidak bisa diabaikan, karena untuk menjangkau perhatian masyarakat, memancing serta menarik rasa penasaran yang dapat memicu hasrat terhadap produk maupun layanan.

Baca Juga: Digital Marketing untuk UKM & UMKM dan Tips Memaksimalkannya

Manfaat Menjalankan Campaign Bisnis

Setelah kamu mengetahui apa itu campaign, selanjutnya kamu perlu tahu manfaat campaign untuk bisnis kamu. Buat kamu yang ingin cepat berkembang, strategi campaign harus dibuat untuk menjangkau masyarakat luas. Berikut ini ada beberapa manfaat dari campaign:

Memperluas Brand Awareness

Tujuan dasar menerapkan campaign adalah menggencarkan merek bisnis kamu atau juga dikenal sebagai upaya brand awareness.

Sederhananya saat brand kamu sudah semakin dikenal di kalangan masyarakat luas, otomatis calon konsumen atau bentuk market pun akan terbentuk. Karena akan bermunculan konsumen baru yang siap menggunakan produk kamu.

Saat brand kamu sudah semakin dikenal, otomatis sales atau penjualan pun akan lebih besar peluangnya untuk meningkatkan dan menghasilkan laba yang signifikan.

Baca Juga: Pengertian Brand Awareness, Jenis-jenis, dan Cara Mengukurnya

Membuka Kesempatan dan Peluang Emas Bisnis

Saat brand awareness kamu berhasil dengan menggencarkan campaign, selanjutnya peluang dan kesempatan penjualan. Oleh karena itu sebelum memulai eksekusi sebuah campaign pastikan sudah merencanakannya.

Campaign bisa kamu lakukan melalui website atau di berbagai platform media sosial pebisnis, dengan teknik serta materi campaign yang tepat dan kuat akan lebih besar peluang penjualan.

Meningkatkan Angka Penjualan

Tahap yang ketiga in akan datang saat kamu berhasil membuka peluang serta kesempatan yang mengarah pada transaksi penjualan. Di Titik ini, bisnis kamu sudah tidak boleh ada kesalahan lagi tentang produk yang ditawarkan.

Produk maupun layanan yang digencarkan di dalam campaign, harus sudah siap dibeli dan digunakan oleh konsumen baru kamu. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan sistem penjualan dengan dukungan teknologi modern.

Membangun Loyalitas Konsumen

Setelah penjualan terjalin serta konsumen baru berdatangan, tugas kamu belum selesai. Dimana campaign marketing yang sebenarnya harus dilakukan secara berkelanjutan.

Tujuannya yaitu untuk mempertahankan konsumen yang ada untuk tetap loyal dalam menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan bisnis kamu.

Tujuan Dijalankannya Campaign Bisnis

Setelah kamu mengetahui manfaat menggunakan marketing campaign, selanjutnya kamu perlu memahami terlebih dahulu jika ada tahapan yang akan dilalui audiens sebelum memutuskan pembelian.

Sebagai gambaran kamu bisa melihat tahapan penjualan melalui marketing conversion funnel, sebagai berikut:

a. Brand Awareness

Fokus utamanya yaitu membuat brand kamu dikenal luas oleh masyarakat umu, agar tahap ini sukses perhatikan pengakuan dan kesadaran merek.

Sedangkan kesadaran merek bekerja dengan cara membentuk ikatan antara brand dengan audiens, dan bukan hanya memperkenalkan produk atau logo saja.

Tapi juga memastikan audiens sadar jika produk kamulah solusi terbaik dari masalah yang mereka hadapi.

b. Leads Generation

Setelah berhasil di tahap brand, langkah berikutnya yaitu menggiring audiens potensial untuk mengenali produk kamu lebih jauh lagi agar audiens semakin yakin pada produk kau.

Sehingga pastikan menyediakan informasi yang dibutuhkan seperti melalui konte video, foto, artikel, dan sebagainya. Konten tersebut harus memiliki kekuatan untuk mendorong audiens potensial untuk melakukan pembelian.

Baca Juga: Lead Generation: Definisi hingga Strategi Mengoptimalkannya

c. Sales

Sesampainya pada tahap ini, berarti audiens percaya jika produk kamu sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan bisa menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Dengan pembelian yang dilakukan, itu artinya konsumen memiliki ekspektasi yang tinggi akan produk. Oleh karena itu jangan menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Baca Juga: Sales Management: Penjelasannya sebagai Aspek Utama Bisnis

d. Loyalty

Tahap yang terakhir, kamu bisa melihat apakah konsumen yang sudah melakukan pembelian sebelumnya bersedia melakukan pembelian ulang.

Perlu diingat jika dalam berbisnis kamu harus memikirkan jangka panjang, jika konsumen enggan melakukan pembelian ulang, itu artinya ada sesuatu yang salah dengan produk maupun layanan yang diberikan.

3 Strategi Terbaik Memulai Campaign Bisnis

Inilah beberapa strategi untuk kamu, agar bisa sukses saat mulai menerapkan campaign pada bisnis yang sedang kamu jalani.

1. Pastikan Tujuan dari Campaign yang Ingin Kamu buat

Sebelum melakukan campaign, kamu harus mengetahui betul apa yang sedang dikejar dalam campaign ini. jad sebelum terjun lebih jauh menguji eksekusi, kamu sudah memiliki arahan yang jelas.

2. Awali dengan Melakukan Riset

Melakukan riset yang jelas atau social listening untuk mengetahui target market kamu dengan mengetahui kondisi atau situasi market. Kamu pun akan lebih mudah dalam upaya melakukan perencanaan campaign.

3. Lakukan Secara Konsisten dan Berkala

Hampir di banyak proses menuju kesuksesan, konsistensi selalu memegan peran, begitu juga saat kamu ingin memuat campaign. Ketika campaign pertama tidak berhasil, segera melakukan evaluasi dan gencarkan campaign berikutnya.

Baca Juga: Strategi Pengembangan Usaha Lengkap [UMKM dan Startup]

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu campaign dalam bisnis. Mulai dari pengertian, manfaat & tujuan, hingga 3 strategi terbaik yang dapat diimplementasikan dalam bisnismu. Intinya adalah apabila bisnis mampu mengoptimalkan setiap kampanye yang dijalankan, maka hal tersebut juga akan sejalan dengan hasil yang akan didapatkan nantinya.

Selanjutnya untuk menunjang kegiatan kampanye bisnis, kamu juga wajib paham tentang bagaimana konsep dasar digital marketing secara menyeluruh. Karena itu, kursus online Sasana Digital Lab berikut adalah solusi yang tepat!

Kursus online ini akan membahas hal-hal fundamental yang wajib diketahui, hingga strategi awal untuk segera mulai menyusun strategi digital marketing. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.