Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

Gimana sih Algoritma Instagram Bekerja? Begini Penjelasannya

I

Jika kamu seorang pelaku bisnis yang ingin meningkatkan personal branding menggunakan media sosial, sebaiknya kamu wajib mencari tahu bagaimana cara memahami algoritma media media seperti Instagram.

Saat ini, Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang sangat populer di Indonesia. Karena itu, Instagram sering digunakan untuk menjalankan strategi Content Marketing agar Brand Awareness suatu bisnis dapat meningkat.

Strategi pemasaran menggunakan Instagram tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan seperti dengan mengunggah konten saja. Ini dikarenakan Instagram mempunyai algoritma yang selalu di-update sehingga mewajibkan kamu harus terus mempelajarinya.

Artikel ini akan membahas beberapa informasi mengenai algoritma instagram. Jadi, simak terus hingga akhir ya!

Cara Kerja Algoritma Media Sosial Instagram

Cara kerja Algoritma Instagram

Instagram diketahui pertama kali memiliki algoritma pada tahun 2016. Algoritma tersebut digunakan untuk memperlihatkan konten terbaik dan paling relevan dengan pemilik akun ketika sedang melihat halaman feed.

Dikutip dari laman Sprout Social, Algoritma Media Sosial Instagram adalah dengan cara menyortir postingan di feed pengguna berdasarkan relevansi konten, bukan dari waktu publikasi.

Beberapa aplikasi media sosial memiliki prioritas konten mana yang dilihat pengguna di feed mereka terlebih dahulu dengan kemungkinan bahwa mereka benar-benar ingin melihatnya. Algoritma Instagram membuat pemilik akun bisa merasakan pengalaman yang lebih baik ketika mengakses instagram.

Akan tetapi, pada awal penerapan algoritma ini membuat beberapa pemilik akun menyayangkan dan kesal karena tidak menggunakan sistem kronologi lagi. Dengan adanya algoritma, maka tidak semua postingan bisa muncul dan terlihat seperti sebelumnya.

Baca Juga: Cobain 9+ Ide Konten Menarik untuk Instagram Bisnismu!

3 Faktor yang Mempengaruhi Algoritma Media Sosial Instagram

Nah, cara termudah agar kamu bisa memahami algoritma yaitu dengan mencari tahu apa saja faktor yang mempengaruhi algoritma. Faktor-faktor tersebut akan dijelaskan secara lengkap dibawah ini.

1. Relationship (Hubungan)

Faktor algoritma Instagram yang pertama adalah Relationship (Hubungan) yang membuat akun instagram yang paling sering berinteraksi seperti mengikuti, mengirim pesan melalui DM, atau yang paling sering kamu lihat akan selalu muncul dalam feed Instagram milikmu.

Walaupun akun yang kamu follow banyak, namun akun yang sering kamu ajak interaksi untuk kepentingan bisnis pasti akan selalu muncul duluan.

Algoritma Instagram akan mempelajari interaksi yang sudah kamu lakukan dan mencari tahu akun siapa saja yang dekat dengan akun bisnismu.

Nah, ketika kamu sering membuka profil akunnya, berkomunikasi melalui DM, atau memberikan tag di akunnya, maka Instagram akan membuat postingan dari akun tersebut muncul di feed Instagram kamu.

2. Interest (Ketertarikan)

Faktor algoritma Instagram yang kedua adalah Interest (Ketertarikan).

Apakah kamu pernah menyadari bahwa urutan postingan dalam story dan feed Instagram pun sesuai dengan ketertarikanmu pada konten tertentu? Itulah inti dari cara kerja algoritma Instagram.

Contohnya, ketika kamu sedang menyukai brand fashion tertentu dengan sering mengecek profil nya, maka postingan dari akun brand fashion tersebut akan muncul terus-terusan di feed Instagram milikmu.

Baca Juga: AIDA: Konsep Strategi Marketing serta Cara Melakukannya

3. Timeliness (Kesesuaian Waktu)

Faktor algoritma Instagram yang ketiga adalah Timeliness (Kesesuaian Waktu), atau kebaruan waktu dari konten yang kamu posting. Nah, konten yang baru saja diposting biasanya akan muncul pada feed yang paling atas, namun ini juga bergantung pada poin nomor 1 dan 2.

Karenanya, hal ini merupakan alasan penting untuk selalu mengunggah konten ketika banyak orang sedang aktif mengakses Instagram.

Engagement yang paling baik, tinggi, dan konsisten itu biasanya dimulai hari Senin hingga Jumat pada pukul 9 pagi sampai 4 sore, lalu dilanjutkan pada malam hari sekitar pukul 8 sampai 10. Ini bisa saja berbeda-beda tergantung seperti apa kebiasaan dari audiens yang ditarget.

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja dari algoritma media sosial, mari lanjut ke pembahasan berikutnya yaitu tips memanfaatkan algoritma di aplikasi Instagram.

Tips Memanfaatkan Algoritma Instagram

Inilah beberapa tips yang bisa kamu terapkan apabila ingin memaksimalkan strategi Instagram Marketing di bisnismu.

1. Mengunggah Postingan dengan Konsisten

Dengan mengunggah postingan di Instagram secara konsisten, tidak hanya membantu akun Instagram bisnis berkembang, namun juga akan memudahkan audiens untuk menjangkau bisnismu. Selain itu, kamu dapat menjalin interaksi dengan mereka menggunakan postinganmu.

Kemudian, akun bisnismu akan lebih mudah beradaptasi dengan algoritma yang dimiliki oleh akun Instagram milik audiens. Kamu bisa membuat kalender konten yang baik agar dapat memudahkan dalam pemilihan waktu yang tepat.

Hal tersebut pasti dengan berdasarkan data insight yang ada di dalam akun bisnismu. Insight tersebut berkaitan dengan performa dari setiap akun yang berbeda beda.

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Pengertian serta Contoh Content Plan!

2. Menganalisis Akun Bisnismu

Apabila akun Instagram sudah beralih ke akun jenis Creator atau Business, maka kamu akan memperoleh fitur Insight yang berguna untuk mengetahui konten mana yang memiliki pengaruh tinggi pada target konsumen.

Apakah konsumen lebih menyukai konten video, foto, reels, IGTV, atau stories. Lalu kamu juga bisa mengetahui seberapa banyak kunjungan yang datang melalui hashtag.

Selain itu, kamu bisa mengetahui kapan waktu audiensmu online, lokasinya dari mana, hingga usia dan jenis kelamin mereka apa. Beberapa hal tersebut bisa kamu lihat melalui Insight Instagram.

3. Melakukan Repost Konten yang Menarik

Tips selanjutnya ketika kamu menemukan konten yang menarik untuk followers, kamu dapat me-repost-nya ke story atau feed kamu, tapi tentu dengan mencantumkan sumbernya.

Konten tersebut harus memiliki banyak interaksi supaya membantu akun bisnismu memperoleh lebih banyak kunjungan baru.

4. Memberikan Reward untuk Target Audiens

Tips berikutnya adalah dengan memberikan reward untuk target audiens. Tidak harus dalam bentuk barang atau uang, kamu bisa memberikan reward dalam bentuk UGC (User Generated Content) atau hanya sekedar apresiasi di kolom komentar seperti me-reply, like, pin, dan sebagainya.

5. Menjalin Kolaborasi

Saat ini, banyak akun bisnis yang memperluas jaringan dan jangkauan dengan melakukan kolaborasi bersama influencer di Instagram.

Kamu bisa menemukan orang yang sesuai dengan target konsumen agar kolaborasi yang terjalin saling melengkapi dan memberikan banyak feedback dan keuntungan tentunya.

Baca Juga: 3 Manfaat Mengikuti Pelatihan Digital Marketing untuk Bisnis

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan mengenai algoritma media sosial Instagram yang dapat kamu pahami agar strategi Social Media Marketing menjadi lebih baik lagi. Perlu diperhatikan juga adanya perubahan algoritma yang secara tiba-tiba diberlakukan oleh pihak Instagram karena mengikuti bagaimana tren dari audiens.

Bagi kamu yang ingin memaksimalkan kegiatan promosi melalui peran Instagram Marketing, kursus online ini akan sangat cocok untukmu. Bahkan ada juga Pelatihan Parkerja terbaru 2024 Gelombang 64 yang akan segera dilaksanakan. Jangan ketinggalan!

Di dalamnya akan membahas hal-hal mengenai fondasi utama dalam melakukan promosi, copywriting, content marketing plan, hingga audit media sosial. Tunggu apa lagi? Yuk segera daftar kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.