Sasana Digital Lab Logo JPG
Blog ›

Berikut 5 Ciri-ciri Iklan yang Baik buat Bantu Cuan Bisnis!

I

Kata “Iklan” sudah tidak asing didengar oleh semua orang terutama bagi para pelaku bisnis. Iklan menjadi andalan utama untuk memperkenalkan dan memasarkan suatu produk. 

Jika kamu ingin memulai beriklan, kamu perlu memahami terlebih dahulu ciri-ciri iklan yang baik. Hal tersebut akan mempermudah kamu dalam proses pembuatan iklan. Untuk mengetahui ciri-ciri iklan yang baik, yuk simak pembahasan berikut ini!

5 ciri-ciri iklan digital yang baik di internet

1. Iklan Bersifat Informatif

Informatif adalah ciri-ciri iklan yang baik dengan segala sesuatu yang memberikan informasi mengenai suatu produk kepada calon konsumen yang dituju.

Ini bertujuan agar calon konsumen mengetahui kegunaan produk serta manfaat yang akan didapatkan. 

Ataupun bisa berupa harga, cara penggunaan serta informasi lainnya mengenai produk yang ditawarkan. Diharapkan dengan informasi tersebut konsumen akan mengetahui produkmu hingga melakukan pembelian. 

2. Iklan Juga Bersifat Komunikatif

Komunikatif adalah ciri-ciri iklan yang baik dengan suatu tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul dan bekerja sama dengan lawan bicara.

Oleh karena itu, komunikatif dalam beriklan atau penyampaian iklan akan sangat berpengaruh terhadap tanggapan calon konsumen.

Apakah iklan yang disampaikan dapat mudah dipahami atau sulit untuk dipahami sehingga calon konsumen tidak tahu maksud atau tujuan dari iklan yang dibuat.

Perusahaan dapat menggunakan pendekatan “Jobs to be Done” dalam membuat iklan. Dengan konsep ini, perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, sehingga pesan dalam iklan dapat menargetkan pekerjaan atau permasalahan yang ingin diselesaikan oleh pelanggan dengan tepat.

Baca juga: Yuk, Kenali 4 Jenis dan Contoh-contoh Iklan Online Berikut!

3. Penggunaan Bahasa yang Mudah Dipahami

Bahasa termasuk ciri-ciri iklan yang baik, dimana sistem pelambangan yang dipakai secara timbal balik dan dibentuk atas unsur-unsur bunyi ucapan manusia. Hal ini diungkapkan dalam buku Khazanah Antropoligi (2009). 

Oleh karena itu, penggunaan bahasa akan mempengaruhi kebenaran informasi yang disampaikan mengenai suatu produk yang kamu tawarkan.  

4. Iklan Dikemas dengan Menarik

Ciri-ciri iklan yang baik dikemas dengan menarik karena akan sangat mempengaruhi keputusan pembelian. Sehingga semakin kamu membuat iklan yang menarik, akan membuat mereka semakin puas terhadap iklan tersebut. 

Buatlah calon konsumen merasa tergiur dengan iklanmu dan akhirnya melakukan pembelian produk yang kamu iklankan. 

5. Memiliki Sifat Persuasif

Ciri-ciri iklan yang baik memiliki kalimat persuasif sebagai kalimat untuk membujuk secara halus agar mendorong calon konsumen untuk mengikuti harapan atau keinginan agar calon konsumen tertarik dengan produkmu sampai ketahap pembelian. 

Umumnya, kalimat persuasif ditemukan pada media iklan cetak berupa poster ataupun brosur. Sebuah iklan harus dibuat secara menarik, informatif dan jelas serta harus menggunakan kata-kata yang bersifat ajakan. 

Baca Juga: Begini 2 Cara Gampang Pasang Iklan di Google Ads (Bergambar)

Tujuan Beriklan dalam Bisnis

Iklan menjadi hal yang terpenting dalam pemasaran dengan tujuan untuk menarik pelangan agar membeli produk atau menggunakan jasanya melalui media yang diiklankan. 

Mulai dari media elektronik (televisi, radio, internet, dsb) media cetak (surat kabar, tabloid, majalah, dsb) dan media luar gedung (billboard, poster, tulisan asap, dsb). 

Iklan tersebut merupakan layanan promosi berbayar, sehingga kamu harus betul-betul memahami ciri-ciri iklan yang baik agar biaya yang kamu keluarkan tidak akan sia-sia.

Tapi sebelum mengetahui ciri-ciri iklan yang baik, apakah kamu sudah tahu tujuan dari beriklan itu seperti apa? 

Tujuan beriklan adalah menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan calon konsumen akan suatu produk agar pelanggan terpengaruh untuk membeli produkmu. 

Selain itu, dengan beriklan kamu bisa membangun Brand Awareness agar calon konsumen mudah untuk mengenali atau mengingat suatu brand melalui warna, logo, image dan lain sebagainya yang menggambarkan identitas suatu Brand.

Selanjutnya, untuk membuat iklan yang menarik serta informatif tentu perlu memahami unsur-unsur penting dalam beriklan.

Unsur tersebut merupakan tahap awal ketika ingin mengiklankan suatu produk. Berikut ini 8 Unsur penting yang kamu wajib pahami ketika kamu ingin mulai iklan digital.

Baca juga: Iklan PPC: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Kelebihannya

Berikut 8 Unsur Penting Iklan Digital

a. Nama Produk & Gambar Produk

Nama produk merupakan unsur terpenting pertama dalam beriklan. Karena, pada tahap awal calon konsumen akan melihat nama produkmu. Oleh karena itu buatlah nama produk yang kreatif serta menarik.

Dalam sebuah iklan, hanya menampilkan nama produk tanpa adanya gambar visual tentu akan terlihat sangat biasa dan membosankan. 

Tak lupa kamu harus sertakan gambar visual karena itu akan terlihat lebih menarik untuk dilihat serta bisa menarik perhatian konsumen.

Nah, itulah pentingnya mencantumkan nama produk dan gambar produk. Keduanya harus kamu masukan kedalam iklan yang akan dibuat sebagai identitas dari Brandmu.

b. Tonjolkan Keunggulan

Tonjolkan keunggulan agar calon konsumen tertarik dengan produkmu. Keunggulan tersebut akan menjadi nilai plus bagi produk. 

Ini juga menjadi alasan kenapa calon konsumen harus membeli produk dan apa yang akan mereka dapatkan ketika menggunakan produkmu.

c. Kalimat Deskriptif

Sebuah nama serta gambar produk tanpa adanya kalimat deskriptif akan terlihat membingungkan. Oleh karena itu, buatlah kalimat deskriptif untuk menjelaskan produkmu. 

Mulai dari kegunaan, manfaat serta cara penggunaan ketika menggunakan produk tersebut. Penggunaan kata dari kalimat ini juga harus jelas dan mudah untuk dipahami.

d. Kalimat Persuasif/Ajakan

Sertakan kalimat persuasif atau ajakan untuk menarik dan membujuk calon konsumen agar menggunakan produk kamu. Kalimat ini haruslah singkat atau bisa juga berbentuk slogan agar mudah untuk diingat konsumen.

e. Menarik Perhatian

Penting bagi kamu, ketika memulai sebuah iklan untuk mempunyai ide-ide yang menarik. Buatlah iklan yang membuat calon konsumen tercengang atau terheran-heran. 

Dengan begitu iklan dari produkmu akan mudah diingat dibenak calon konsumen. 

f. Membangun Minat

Iklan yang dipasang harus disesuaikan dengan minat atau ketertarikan dari target calon konsumen. Jadi, calon konsumen merasa ingin tahu dengan produk yang ditawarkan dan tertarik untuk membelinya.

g. Keinginan

Setelah membangun minat sehingga calon konsumen menjadi tertarik, maka timbul lah keinginan calon konsumen untuk mengetahui lebih jauh mengenai produkmu bahkan hingga melalukan pembelian. 

h. Informasi Kontak

Sertakan informasi kontak, kamu perlu mencantumkan nomor telepon, akun media sosial, dan alamat toko penjual. Dengan mencantumkan kontak penjual, akan membuat calon konsumen lebih percaya dengan tokomu.

Ketika calon konsumen muncul keinginan akan suatu produk yang kamu iklankan, dengan menyertakan informasi kontak, konsumen juga akan tahu kemana ia harus menghubungi. 

Baca juga: Wajib Tahu 9 Contoh Iklan Digital yang Ada di Internet!

Penutup

Iklan merupakan hal terpenting bagi para pelaku bisnis. Berbagai media dapat kamu gunakan ketika ingin beriklan, mulai dari media cetak, media elektronik, dsb. 

Dengan menggunakan layanan promosi berbayar ini penting bagi kamu memahami betul-betul mengenai ciri-ciri iklan yang baik serta unsur penting dalam beriklan, sehingga biaya yang kamu keluarkan tidak akan sia-sia.

Bagi kamu yang ingin sekali meningkatkan penjualan berkali lipat melalui strategi berbayar (Facebook & Instagram Ads), kursus online ini akan menjadi solusi yang tepat buatmu!

Kursus online ini akan membahas secara lengkap mulai dari persiapan, strategi, hingga optimalisasi iklan yang akan segera kamu jalankan. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.